Seperti yang telah luas dibicarakan,dalam waktu dekat ini ,Kahiyang Ayu,putri Jokowi akan menikah dengan Bobby Afif Nasution .

Pernikahan akan dilangsungkan di Solo pada awal November ini dan serangkaian acara adat Jawa juga akan digelar pada acara pernikahan dimaksud.

Kemudian selesai acara pernikahan dan resepsi di Solo ,acara adat dan resepsi juga akan dilaksanakan di Medan di rumah kediaman Bobby.

Bobby Afif Nasution yang akrab disapa dengan panggilan Bobby adalah putra Erwin Nasution dengan Ade Hanifah Siregar.Semasa hidupnya Erwin Nasution adalah Direktur Utama PTP Nusantara IV.

Sebelum acara adat digelar di Medan tanggal 24 dan 25 November 2017 ,terlebih dahulu kepada Kahiyang Ayu diberikan marga.Menurut informasi yang diperoleh acara pemberian marga itu akan dilaksanakan di Medan tanggal 21 November yang akan datang ini.

Sebelum melanjutkan uraian tentang pemberian marga ini maka selayaknya dijelaskan dulu secara ringkas struktur masyarakat adat pada suku Mandailing.

Mandailing adalah sebuah suku yang berasal dari Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara.

Marga marga suku Mandailing antara lain ,Nasution,Lubis,Pulungan,Daulay,Matondang,Rangkuty Parinduri dan beberapa marga lainnya.

Struktur adat Mandailing dikenal dengan nama ” Dalihan na Tolu” yang artinya segala sesuatunya harus mengandalkan kerjasama tiga pihak yaitu,Kahanggi,Anak Boru dan Mora.

Kahanggi adalah teman kita satu marga.Jadi kalau ada seseorang bermarga Nasution maka orang lain yang bermarga Nasution merupakan Kahanggi dari seseorang yang bermarga Nasution tersebut.

Sedangkan ” Anak Boru ” adalah keluarga dalam halmana kita memberikan istri kepada mereka.Misalnya kalau seseorang putri bermarga Nasution kawin dengan seorang bermarga Lubis maka keluarga Lubis tersebut merupakan Anak Boru dari keluarga Nasution dimaksud.

Sedangkan Mora adalah keluarga dalam halmana kita mengambil istri.Jadi kalau seorang Nasution kawin dengan marga Siregar maka keluarga Siregar tersebut adalah Mora dari keluarga marga Nasution.

Baca Juga  Profil Artis Batak - Judika Sihotang

Dalam hubungan keluarga ,maka Anak Boru harus menghormati Moranya.Kalau ada perhelatan adat di rumah Mora maka yang akan bertanggung jawab penuh adalah anak borunya.Kedudukan Mora secara adat lebih tinggi dari Anak Borunya.Hubungan antara Anak Boru dan Mora antara lain terlukis dalam pepatah berikut ini.Mora bagi Anak Boru merupakan ” Mata Ani Ari Na So Gakgahon”,yaitu matahari yang tidak boleh ditentang.

Selanjutnya dari sisi keluarga Bobby Nasution ,maka marga Siregar adalah Mora mereka karena Ibunda dari Bobby bermarga Siregar.

Oleh karena Bobby punya ibu bermarga Siregar maka marga Siregar adalah Mora dari Bobby.

Untuk itu saudara laki laki ibunya Bobby tentu bermarga Siregar dan tutur Bobby kepada mereka adalah Tulang.

Secara adat jaman dahulu ,seorang anak muda disarankan kawin dengan putri Tulang nya.

Tetapi sejalan dengan perkembangan jaman ,tidak lagi semua putra Mandailing harus kawin dengan ” Boru Tulang”nya.Tetapi putri yang akan dipersunting itu tetap akan dianggap sebagai putri dari Tulangnya.

Dalam pemahaman yang demikian ,maka Kahiyang Ayu dianggap sebagai putri dari Tulangnya dan karena nya lah Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar yaitu marga dari ibundanya Bobby.

Kemudian muncul pertanyaan berikutnya kenapa Kahiyang harus diberi marga?.

Pandapotan Nasution SH gelar Patuan Kumala Pandapotan ,tokoh adat Mandailing menjelas kan ada 4 dasar untuk pemberian marga yaitu,1).menjelaskan keturunan,2).perkawinan antar etnik,3).pengabdian dan jasa ,serta 4).penghormatan / penghargaan.

Dengan demikian  pemberian marga Siregar untuk Kahiyang Ayu didasarkan kepada perkawinan antar etnik- bangsa.

Pemberian marga tersebut dilaksanakan melalui serangkaian upacara adat yang dihadiri oleh raja raja serta tokoh tokoh adat.

Dan direncanakan serangkaian adat itulah yang akan dijalani oleh Kahiyang pada November nanti di kediaman Doli Sinomba Siregar ,kakak laki laki Ade Hanifah Siregar ,ibunda Bobby ,calon ibu mertua Kahiyang Ayu.

Baca Juga  May Luther Dewanto Sinaga, Desak Pemerintah segera Tuntaskan Asap di Riau yang sudah Membahayakan Kesehatan Masyarakat

Pemberian marga itu juga menunjukkan betapa kaya nya negeri ini dengan berbagai adat istiadat yang hidup dan berkembang di tengah tengah masyarakat.

Semoga semua acara nya berjalan dengan lancar.

By Hitabatak

Berbagi informasi menarik tentang Batak.