Hitabatak.com-Pemerintahmembuka sayembara desain ibu kota baru Indonesia dengan total hadiah sebesar Rp 5 miliar.  Melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) , Mochamad Basoeki Hadimoeljono meluncurkan sayembara ini dalam acara Dialog Nasional Rancang Bangun dan Kesiapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara NKRI, di Balikpapan, Rabu (2/10).

Sayembara Urban Desain yang sudah mulai diperlombakan mulai hari Selasa (02/10) hingga jumat 18/10, hal ini merupakan tahapan perancangan Kawasan Ibu Kota Negara yang baru.

Adapun mekanisme dalam sayembara desain ibu kota negara baru, meliputi beberapa tahapan yaitu mulai dari pendaftaran dan pemasukan karya, selanjutnya akan diseleksi lalu dipilih lima peserta terbaik dan tahap terakhir menetapkan tiga peserta terbaik.

Flayer Lomba Desain

Dari tiga karya terbaik yang nantinya akan dikolaborasikan dengan diperkaya oleh para ahli perencanaan perkotaan dari luar negeri atau sayembara internasional. Setelahnya akan ditetapkan pemenang sayembara internasional.

Pemerintah telah mengamanatkan 13 juri dalam hal untuk secara objektif menilai setiap karya yang masuk, para juri pun dinilai mewakili milenial

Hasil pengembangan desain menjadi referensi untuk  dilanjutkan ke tahap penyusunan DED/Dokumen Konstruksi, kemudian baru dilakukan konstruksi fisik.

Total hadiah yang diberikan sebanyak Rp.5 miliar dengan perincian, Juara I akan menerima hadiah uang sebesar Rp2 miliar, Juara II mendapatkan Rp1,250 miliar, Juara III akan mendapatkan uang senilai Rp1 miliar. Sementara Harapan I mendapatkan uang senilai Rp500 juta, dan Harapan II akan menerima Rp250 juta.

Basoeki berharap ibu kota yang baru ini nantinya bukan sekedar ibu kota Indonesia saja tetapi menjadi ibu kota Asia. Hal ini diutarakan karena ibu kota negara yang baru akan menjadi Smart Metropolis.

Baca Juga  Kabut Asap di Sibolga, GMKI Bagikan 1000 Masker kepada Masyarakat