Virus Corona jangan dianggap sepele, Jokowi Centre harapkan masyrakat lakukan pencegahan sejak dini

hitabatak.com > Artikel > Virus Corona jangan dianggap sepele, Jokowi Centre harapkan masyrakat lakukan pencegahan sejak dini
Imanta Ginting-Sekretaris Jenderal Jokowi Centre (foto : ist)

Virus Corona jangan dianggap sepele, Jokowi Centre harapkan masyrakat lakukan pencegahan sejak dini

Jakarta – World Health Organization (WHO) mengumumkan bahwa Wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) telah menjadi pandemi. Artinya, wabah penyakit ini telah terjadi pada geografis yang luas atau menyebar secara global.

Jumlah kasus di seluruh dunia mencapai angka 120.000 dan kematian telah melebihi 4.300. Kondisi tersebut mendesak pemerintah seluruh dunia untuk meningkatkan upaya pembatasan.

Menurut Imanta Ginting selaku Sekretaris Jenderal, Jokowi Centre,  Sabtu (14/3/2020), kasus pasien positif Corona yang meninggal dunia naik 3 orang dibanding sehari sebelumnya, dari 1 orang meninggal menjadi 4 orang meninggal. Total pasien positif Corona yang meninggal ada 4, yakni pasien kasus nomor 25, nomor 35, nomor 36, dan nomor 50.

Imanta Ginting mengatakan melihat pertambahan data jumlah suspect Covid-19 yang masif dan ada kemungkinan potensi suspect yang belum terdeteksi namun masih beraktifitas ditengah tengah lingkungan dan masyarakat maka sebaiknya Kita tidak boleh meyepelekan situasi ini.

Sejauh ini Pemerintah sudah bekerja maksimal, dengan langsung melakukan penaganan serius terhadap pasien suspect dan penelusuran orang orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien.
Untuk itu sebaiknya ada Beberapa hal Penting yang dapat Kita lakukan untuk mendukung upaya dalam membebaskan Indonesia dari Covid-19:

1. Masyarakat Jangan sepele Covid-19 karna virus ini mudah dan sangat cepat menular
2. Manjaga kebersihan, Kesehatan dan Stamina Tubuh serta memeriksakan diri Jika merasakan ada gejala Covid-19 atau pernah kontak dengan orang suspect Covid-19
3. Tidak panik tetap tenang dan tidak melakukan kegiatan memborong dan menumpuk kebutuhan dari Pasar /toko karena Pemerintah sudah menyampaikan komitmen dan jaminan ketersedian kebutuhan dan stabilitas stok kebutuhan masyarakat.
4. Menghindari tempat Umum dan keramaian sedapatnya maksimalkan kegiatan atau melakukan Kerja dari Rumah.
5. Mendorong Pemerintah untuk tetap melakukan langkah langkah perbaikan dan peningkatan pengawasan serta pembatasan pintu pintu Masuk dan keluar negeri baik melalui bandara atau pelabuhan laut dan di wilayah perbatasan.
6. Mendorong Pemerintah untuk meliburkan sekolah di daerah Daerah yang kategori penyebaran Covid-19 cukup tinggi dan di sekitar Daerah yang berpotensi tinggi
7. Mengurangi aktifitas bersalaman jabat tangan dan kegiatan cipika cipiki dalam pertemuan.

Baca Juga  LIPI : Prabowo jadi Menhan Bisa Gantikan Presiden