Hitabatak.com/Simalungun,- Danau toba kembali disoroti, tidak hanya karena keindahannya melainkan penemuan kembali seekor ikan bawal yang masuk dalam jenis predator berukuran besar ditangkap warga dari perairan Danau Toba.

Penemuan ikan dengan bobot sebesar 13 Kg ini viral setelah salah akun media sosial facebook dengan nama akun Tamsar Brenaga mengunggah ikan tersebut.

Dalam akunya, Tamsar menulis “Hasil tangkapan pagi ini, bawal dengan timbangan 13 Kg. Mancing mania yes”. Postingan itu tertanggal 28 Desember 2019. Tidak disebutkan persis dimana lokasi ia memancing. Namun dari perbincangan di akunnya diduga berasal dari perairan Danau Toba kawasan Simalungun.

Ikan predator tersebut berhasil dia tangkap dengan alat pancing tradisional yang disebut dengan Tabo-tabo di Di Desa Galol, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun.

Sebelum Tamsar diketahui sudah ada warga juga yang menemukan Ikan yang sama dengan namun dengan bobot yang berbeda.

Penemuan Ikan Bawal bobot 9 Kg (Sumber ; Tribunmedan.com)

Berlin Manihuruk, warga Dusun Hutaimbaru, Nagori Sibangun Mariah, Kecamatan Pamatang Silimahuta, Kabupaten Simalungun menangkap ikan dengan bobot 9 Kg.

Namun ikan Bawal tersebut diduga menjadi penyebab ikan-ikan kecil di Danau Toba berkurang populasinya salah satunya ikan Pora-pora, hal ini kemudian yang membuat banyak warga pun memburu ikan tersebut.





Baca Juga  Di Perairan Danau Toba, Sesosok Mayat Wanita ditemukan Tanpa Identitas