Terkait Covid-19, 160 warga Malaysia dipulangkan dari Sumatera

hitabatak.com > Artikel > Terkait Covid-19, 160 warga Malaysia dipulangkan dari Sumatera
Rombongan yang akan pulang ke Malaysia di Bandara Internasional Kuala Namu (foto : Sumut Antara)

Terkait Covid-19, 160 warga Malaysia dipulangkan dari Sumatera

Medan – Sebanyak 160 warga negara yang ingin pulang ke Malaysia yang sedang berada di berbagai wilayah di pulau Sumatera ditarik kembali ke negara asalnya oleh Pemerintah Malaysia. Pemulangan merupakan kerja sama Konjen Malaysia di Medan, Malaysia Airlines dan Persatuan Pelajar Malaysia di Indonesia, Medan (PKPMI Cawangan Medan).

Seperti dilansir dari laman Antara, En Aiyub Omar selaku Konsul Jenderal Malaysia di Medan menerangkan hal ini berkaitan dengan semakin mewabahnya virus corona (COVID-19) di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

“Pemulangan warga Malaysia sejalan dengan kebijakan ‘lockdown’ yang dilakukan Kerajaan Malaysia sejak 18 Maret 2020 pascamerebaknya COVID-19,” ujar En Aiyub Omar di Medan pada Kamis (2/4).

Sebelum berangkat, Warga Malaysia itu dikumpulkan dan diberangkatkan dari Bandara Kualanamu, Kamis pada pukul 15.45 WIB.

“Pemerintah Malaysia berharap COVID -19 berakhir segera sehingga hubungan dunia usaha dan lainnya antara Malah Malaysia – Indonesia kembali pulih” ujarnya yang didampingi Konsul Imigrasi Malaysia, Polis Diraja Malaysia, Konsul Pelancongan, Tentara Udara Diraja Malaysia, dan Tentara Laut Diraja Malaysia.

En Aiyub Omar tidak merinci berapa jumlah warga Malaysia di Sumatera dan berapa yang pulang ke Malaysia pascawabah COVID – 19. namun dari 160 warga Malaysia yang dipulangkan itu, sebanyak 14 orang pekerja di Sumut dan 144 orang lainnya pelajar Malaysia yang ada di Sumatera.

Selain itu warga Malaysia sudah ada juga yang pulang secara mandiri, rencananya akan diadakan kembalu pemulangan secara bersama – sama lagi.

Baca Juga  Lyodra Margaretha Ginting Gadis 13 Tahun Asal Medan Bawa Bangga Indonesia ke Pentas Dunia