Achmad Yurianto-Juru bicara Perceptan Penanganan Covid-19 (Foto : BNPB)

Jakarta РAchmad Yurianto selaku Juru bicara Percepatan Penanganan Covid-19, menyampaikan rencana pemerintah dalam memberantas virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Saat ini pemerintah sudah menyiapkan anggaran lebih dari Rp400 triliun. Hal tersebut diungkapkan oleh Achmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (18/4/2020).

“Pemerintah telah bersungguh-sungguh menjamin perawatan kesehatan bagi rakyat apabila terjangkit Covid-19. Secara anggaran sudah lebih dari Rp400 triliun disiapkan oleh pemerintah,” kata Achmad Yurianto, dilansir dari Antara, Minggu (19/4).

Achamad mengatakan anggaran ratusan triliun itu tidak hanya diperuntukan bagi kesehatan saja melainkan pada pos-pos seperti layanan pencegahan penularan, jaring pengaman sosial berupa bantuan logistik maupun stimulus ekonomi yang terdampak. Harapanya dengan diberikannya bantuan tersebut, maka masa bekerja maupun tinggal di rumah saja akan berjalan efektif karena kebutuhan logistik terpenuhi.

“Sehingga keinginan kita untuk tetap di rumah mengurangi kemungkinan penularan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Selain itu, Achmad mengatakan saat ini untuk melawan covid-19 pentingnya kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah dalam menjata jarak fisik dan hindari kerumunan. Terlebih beberapa daerah yang sudah ditetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jabodetabek.

“Oleh karena itu mari bersama mematuhi displin, bersama-sama disiplin memenuhi imbauan pemerintah, karena ini cara yang bisa kita lakukan sebagai bentuk kontribusi langsung dalam penanganan Covid-19,” ujar Achmad.

Tidak hanya itu, Masyarakat juga diminta untuk tidak terkecoh perihal informasi-informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Apabila membutuhkan informasi maka bisa mengakses layanan-layanan yang telah disediakan oleh pemerintah.

“Ikuti berita-berita yang sudah kita siapkan diberbagai situs resmi kita, baik di portal Covid19.go.id, Hotline 119, Whatsapp Covid, ada di Halo Kemenkes, ada diberbagai media sosial, dan portal milik gugus tugas percepatan penanganan Covid,” seru Dirjen P2P Kemenkes itu.

Baca Juga  Razia Masker, Sejumlah Restoran dan Puluhan orang terkena Sanksi dan Teguran

Sumber : Analisa
Editor    : Yedija M