Tahun Depan, Indonesia Gelar Balap Speed Boat F1 H20 di Danau Toba

Indonesia resmi dipercaya sebagai tuan rumah ajang balap speed boat F1 H20 yang akan diselenggarakan di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023.

Kejuaraan berskala internasional tersebut akan digelar dengan tajuk F1 H20 Lake Toba Indonesia 2023.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) alias InJourney bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

F1 H20 Lake Toba Indonesia 2023 masuk dalam rencana pemerintah untuk meningkatkan sport tourism.

Sehingga ajang balap ini diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata serta perekenomian masyarakat Danau Toba.

Seperti yang disampaikan Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, dalam acara penandatanganan event F1 H20 di Sarinah, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

“Tentu saja ini merupakan suatu kebanggan bagi kita bahwa untuk tahun 2023 (F1 H20) akan dilakukan di Indonesia.” ujar Dony.

“Kami harapkan ajang ini mampu untuk (semakin) memperkenalkan Danau Toba ke luar negeri karena event ini akan ditonton oleh 180 ribu orang.”

“Harapannya, dengan tanggung jawab yang besar ini, kami bisa melaksanakan dengan baik dan memberi dampak terhadap perekonomian masyarakat Toba dan Indonesia pada umumnya,” imbuhnya.

Harapan bernada serupa juga disampaikan Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Kesuksesan penyelenggaraan F1 H20 Lake Toba Indonesia 2023 diharapkan bisa mengikuti jejak balap MotoGP di Sirkuit Mandalika pada Maret lalu.

Disebutkan oleh Luhut, MotoGP Mandalika berhasil memberikan efek bagi perekonomian lokal sebesar Rp 600 miliar.

F1 H20 Lake Toba Indonesia 2023 berpotensi besar jadi katalisator penerimaan ekonomi dan pemasukan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) setempat

“Event ini coba kita buat lima tahun kontraknya, sehingga akan membuat kehidupan di Danau Toba seperti di Mandalika, makin menarik.” ujar Luhut.

Baca Juga  Ketua DPD RI Dukung Pendirian UNTARA dan Pengembangan Danau Toba

“Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi katalisator kehidupan ekonomi terutama UMKM di daerah Toba.” Luhut memungkasi.

Share