Selasa, 31 Desember 2019 (Kebaktian Malam Akhir Tahun)

hitabatak.com > Artikel > Selasa, 31 Desember 2019 (Kebaktian Malam Akhir Tahun)

Selasa, 31 Desember 2019 (Kebaktian Malam Akhir Tahun)



Kita Tidak Terpisahkan dari Kasih Allah

Roma 8:31-39
31. Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? 32. Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia? 33. Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka? 34. Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita? 35. Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? 36. Seperti ada tertulis: “Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan.” 37. Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. 38. Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, 39. atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Kita sedang berada di tanggal terakhir di tahun 2019 ini. Dengan perkenanan Tuhan, beberapa jam lagi kita akan meninggalkan tahun 2019 ini dan menyeberang ke tahun baru 2020. Sejenak kita menoleh ke belakang melihat dalam ingatan kita akan perjalanan 365 hari yang kita jalani di tahun 2019 ini. Suka dan duka silih berganti kita alami secara pribadi, keluarga, gereja, bangsa, dan negara.

Baca Juga  Puncak Arus Balik Tahun Baru di Sumut Terpantau Lancar

Beberapa orang yang kita kenal sudah meninggal dunia di tahun 2019 ini. Apakah kita ini lebih baik dari mereka? Tidak sama sekali! Sungguh kita tidak berkuasa atas hidup kita, hanya Tuhan yang berkuasa sepenuhnya. Karena itu, kita patut bersyukur kepadaNya atas hidup di dunia fana ini yang masih dikaruniakanNya.

Kita patut berkata bahwa Tuhan sungguh baik, tiada kesalahan dalam setiap ketetapan Tuhan Yang Mahatahu. Lalu, kita pun patut merenungkan: “Apakah kita ini sudah aktif, giat, dan bertumbuh dalam bersekutu dengan Tuhan, mendengarkan FirmanNya, memuliakan dan melayani Dia?” Tiada yang patut kita banggakan di hadapan Tuhan yang Mahatahu itu.

Apakah kita ini sudah siap memasuki dan menjalani tahun 2020? Manusia hanya mampu memprediksi tahun depan yang misterius itu, tetapi semua itu bukan suatu kepastian. Lalu, bagaimana mungkin kita siap memasuki dan menjalani tahun 2020? Kita siap karena kita mengandalkan Tuhan Allah Bapa yang mengasihi kita melalui Yesus Kristus yang telah mati, bangkit, dan yang juga duduk di sebelah kanan Allah sebagai Pembela kita (Ay. 34).

Mari kita tetap teguh dan sungguh-sungguh percaya dan mengandalkan Yesus Kristus satu-satunya Tuhan dan Juruselamat demi memeroleh hidup kekal dalam surga. Karena itulah kita bisa tinggal menetap di dalam kasih Tuhan Allah Bapa. Tidak ada satu persoalan pun yang dapat memisahkan kita dari kasihNya (Ay. 37-39). Selama kita tinggal di kasihNya, maka segala perkara dapat kita hadapi (Fil. 4:13).