Sedang Kuliah S-3 di Taiwan, Mahasiswa asal Humbahas ini Kirim Surat Bantuan Biaya Kuliah ke Bupati Dosmar

hitabatak.com > Artikel > Sedang Kuliah S-3 di Taiwan, Mahasiswa asal Humbahas ini Kirim Surat Bantuan Biaya Kuliah ke Bupati Dosmar

Sedang Kuliah S-3 di Taiwan, Mahasiswa asal Humbahas ini Kirim Surat Bantuan Biaya Kuliah ke Bupati Dosmar

hitabatak.com/Humbang Hasundutan. Dikarenakan keterbatasan biaya, seorang mahasiswa asal Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mengirimkan surat kepada Bupati Dosmar Banjarnahor.

Mahasiswa tersebut adalah Iwan Andi Jonri Sianturi (27), saat ini sedang mahasiswa program doktoral semester I di Depertemen Graduate Institutes of Cirriculum and Instruction Nasional Taiwan Normal University Taiwan.

Dilansir dari laman Medanbisnisdaily, Andi merupakan anak kelima dari pasangan Sudirman Sianturi dan Rosma Siburian, warga Sisangkae, Desa Paranginan Utara, Kecamatan Paranginan, Humbahas ini mengharapkan bantuan kepada bupati agar bisa melanjutkan pendidikannya.

“Saya anak dari keluarga yang kurang mampu secara finansial. Adapun maksud tujuan saya adalah untuk memohon solusi ataupun bantuan biaya untuk meringankan beban biaya dalam melanjutkan pendidikan doktoral tersebut. Dikarenakan saya tidak memperoleh beasiswa dari Pemerintah Indonesia,” tulis Jonri dalam suratnya kepada Bupati Dosmar Banjarnahor tertanggal 31 Oktober 2019.

Lebih lanjut Iwan dalam suratnya berharap agar surat yang disampaikan oleh Iwan dapat dipertimbangkan oleh Bupati Dosmar Banjarnahor untuk memberikan dukungan kepada Iwan.

“Harapan saya Bupati mempertimbangkan dan memberikan dukungan kepada saya melanjutkan pendidikan program doktoral. Dengan harapan akan membanggakan Indonesia dan memberikan dampak yang signifikan untuk kepentingan rakyat Indonesia dan khususnya di Humbahas,” tulis alumni mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) itu.

Sudirman Sianturi ayah dari Iwan yang juga menyampaikan surat tersebut kepada Pemkab Humbahas, mengatakan bahwa ia berasal dari keluarga seorang petani dan dana yang dibutuhkan oleh Iwan selama kuliah 4 tahun sebesar Rp 1.177.000.000.

Surat permohonan bantuan pendidikan kepada Bupati Humbahas dan surat tanda terima dari National Taiwan Normal University. ( Foto : Medanbisnisdaily)
Surat permohonan bantuan pendidikan kepada Bupati Humbahas dan surat tanda terima dari National Taiwan Normal University. ( Foto : Medanbisnisdaily)

“Dengan besar biaya itu, tidak akan mungkin akan lanjut perkuliahan itu. Apalagi saya hanya seorang petani, bahkan ladang untuk dijualpun tidak ada dan sudah tersita untuk perkuliahan anak anak sebelumnya,” sebut Sudirman Sianturi.

Baca Juga  Belajar Aksara Batak

Sudirman memberanikan menyampaikan surat permohonan tersebut dikarenakan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Humbahas untuk mewujudkan kualitas pendidikan bermutu dan generasi unggul serta berharap Pemerintah Humbahas untuk memberikan bantuan beasiswa kepada Iwan.

Christison Marbun selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Humbahas,  membernarkan adanya surat permohonan bantuan pendidikan dari Iwan Andi Jonri Sianturi tersebut.

“Kita sudah menerima surat permohonan bantuan dana tersebut 2019 yang lalu, namun belum dapat memberikan jawaban, karena perlu melakukan kajian dan analisa,” katanya kepada wartawan, Rabu (29/1/2020).

Christison menjelaskan, Perbup No 31 Tahun 2019 menjadi pedoman bagi Pemkab Humbahas dalam memberikan bantuan beasiswa kepada Siswa dan Mahasiswa Berprestasi dari Kabupaten Humbahas.

“Ketentuan pemberian beasiswa untuk siswa dan mahasiswa berprestasi di Humbahas. Dengan jenjang pendidikan strata satu (S-1), sedangkan untuk jenjang pendidikan S-2 dan doktoral tidak dituangkan dalam Perbub tersebut,” ujarnya.