Salju Panas Dolok adalah tempat wisata yang berada di Tinggi Raja, Kecamatan Silau Halen, Kabupaten Simalungun dan berjarak sekitar 4 jam dari pusat kota Medan.

Di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan Anda pun bisa menikmati keindahan salju di tengah-tengah hutan tropis Sumatera sembari berendam di kawah air panas.

Berada di Kawasan Hutan Hujan Tropis

Kawasan Salju Panas Dolok ini sejak tahun 1924 merupakan tempat yang dilindungi berdasarkan keputusan bersama dari raja-raja Simalungun.

Salju Panas Dolok ini terletak di cagar alam yang eksotik yang berada pada area dengan luas sekitar 176 hektar dan memiliki hamparan kawah putih mencapai 4 hektar. Anda dapat menikmati keelokan alam dari kawasan hutan hujan tropis dataran rendah yang subur dan hijau dengan beragam jenis pohon di dalamnya.

Dilansir dari laman backpackerjakarta, tempat wisata alam ini memiliki air yang berwarna biru dengan bongkahan-bongkahan belerang yang terbentuk alami seperti lapisan es yang tebal. Inilah yang menjadi daya tarik dan membuat Salju Panas Dolok ini tempat yang sangat indah.

Merasakan Salju di Sumatera

Ketika Anda berkunjung ke tempat wisata ini, Anda pasti akan dibuat takjub dengan pemandangan salju yang menawan. Tidak sedikit pengunjung yang merasa terkecoh dengan adanya kabut warna putih yang mengelilingi kawasan wisata ini.

Asap atau kabut putih tersebut dihasilkan oleh aliran panas yang membuat kawasan ini terlihat semakin indah. Dilansir dari laman backpackerjakarta, hamparan putih yang menutupi tanah di kawasan ini serupa abu bekas pembakaran.

Sedangkan warna putih yang berada di sekitar kawah terlihat seperti memagari air panas dan di tengahnya bebatuan kapur. Mirip seperti es, sehingga banyak pula orang yang terkecoh mengira dominasi warna putih tersebut adalah hamparan salju.

Baca Juga  Wisata Batu Hoda Beach Samosir Siap Sambut Wisatawan Pada Libur Imlek 2020

Sumber Air Berasal dari Endapan Kapur

Dilansir dari laman tempatwisata.pro, selain bebatuan kapur yang indah, daya tarik lainnya yang sangat indah adalah air di tengah-tengah kawah yang berwarna biru. Air tersebut adalah sumber air panas yang berasal dari endapan-endapan kapur yang terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang. Para pengunjung yang datang pun dapat menikmati air panas ini dengan berendam.

Fasilitas

Untuk masalah fasilitas, di obyek wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja memang tidak terlalu banyak, namun ada beberapa yang bisa pengunjung manfaatkan, seperti :

– Lahan parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga memadai.

– Warung atau tempat makan

Setelah menghabiskan waktu untuk berkeliling dan berendam di kolam air panas, pastinya membuat perut anda lapar. Tak perlu bingung apabila anda tidak ada waktu atau lupa untuk menyiapkan bekal. Di sekitar obyek wisata ini anda dapat menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Gazebo

Dengan dibangunnya gazebo atau pondokan di sana, anda bisa dengan duduk santai bersama keluarga sembari menikmati makanan dan minuman. Suasana semakin tentram karena anda ditemani pemandangan air kawah yang berwarna biru, hamparan bukit batu kapur berwarna putih nan indah dan juga langit biru.

– Penginapan

Di sekitar area Salju Panas Dolok Tinggi Raja, untuk anda yang butuh tempat untuk bermalam bisa mencari hotel atau penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

– Toilet umum

Baca Juga  Festival Babi Danau Toba 2019 : Edukasi dan Kegembiraan

Salah satu fasilitas penting ini juga telah disediakan di sana jadi anda tidak usah repot-repot mencari toilet di luar area obyek wisata untuk buang air atau ganti baju.

Pemandian Air Panas

Selain menikmati keindahan pemandangan di Salju Panas Dolok, wisata Salju Panas Dolok juga menyediakan pemandian air panas untuk dapat dinikmati setiap pengunjung. Air pemandian tersebut berasal dari sumber air panas dengan suhu mencapai 90 derajat celcius. Selain membentuk bukit, aliran air panas juga membentuk undakan bebatuan kapur dan beberapa kawah yang dapat digunakan untuk berendam.

Rute

Jika Anda ingin berwisata ke Salju Panas Dolok, Anda bisa menggunakan jalur laut maupun darat.

Untuk menuju ke Salju Panas Dolok melalui jalur laut, sesampainya di Pelabuhan Belawan, Anda langsung saja melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dengan rute Jl. R. Pelabuhan – Jl. Tol Belmera – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Dahlan Tj. – Jl. Klp. Sawit – Jl. Irian – Jl. Sei Merah – Jl. Nagarejo – Jl. Paya Itik – Jl. Besar Petumbukan – Salju Panas Dolok Tinggi Raja.

Atau jika Anda menggunakan jalur darat, dari pusat kota Anda tinggal ikuti saja rute Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Kapten Maulana Lubis – Jl. Balaikota – Jl. Prof. HM. Yamin Sh – Jl. Perintis Kemerdekaan – Jl. Tol Belmera – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Dahlan Tj. – Jl. Klp. Sawit – Jl. Irian – Jl. Sei Merah – Jl. Nagarejo – Jl. Paya Itik – Jl. Besar Petumbukan – Salju Panas Dolok Tinggi Raja.

By Hitabatak

Berbagi informasi menarik tentang Batak.