Hitabatak.com/Jakarta,- Ratna Sarumpaet bebas dari penjara Rutan Wanita Pondok Bambu, Kamis (26/12/2019).

Sebelumnya Ratna Sarumpaet divonis dua tahun penjara pada 11 Juli 2019 setelah Wajah Ratna yang lebam dalam foto beredar luas hingga membuat sejumlah orang curiga dengan bentuk luka yang dideritanya,

Setelah dilakukan penyelidikan di Polda Metro Jaya, ternyata penyebab wajah babak belur yang dialami Ratna bukan dianiaya melainkan imbas setelah melakukan operasi sedot lemak dan Ratna mengaku telah berbohong.

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan kemudian menyatakan Ratna bersalah atas penyebaran berita bohong.

Vonis yang diterima Ratna Sarumpaet untuk kasus penyebaran berita bohong lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan dari jaksa penuntut umum.

Dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, majelis hakim pimpinan Hakim Ketua Joni menjatuhkan hukuman dua tahun penjara untuk Ratna Sarumpaet.

Ratna dijerat Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dilansir dari laman berita Suara.com, Ratna Sarumpaet berstatus bebas bersyarat. Hal ini disampaikan oleh Kuasa hukum Ratna, Desmihardi setelah Ratna mengajukan permohonan bebas bersyarat, dan akhirnya dikabulkan.

“Pembebasan ini diberikan setelah permohonan pembebasan bersyarat ibu Ratna dikabulkan serta ibu Ratna mendapatkan remisi Idul Fitri dan 17 Agustus oleh Menkumham,” kata Desmihardi dalam pernyataan persnya, Kamis (26/12/2019) siang.

Berkat remisi itu, Ratna hanya menjalani kurungan selama 15 bulan penjara dari vonis yang dijatuhkan hakim selama 2 tahun penjara.

 

Baca Juga  Persiapan Kedatangan Raja Belanda ke Danau Toba, Menparekraf Tekankan Pentingnya Kebersihan