Profil Artis Batak Andolin Sibuea

hitabatak.com > Artikel > Profil Artis Batak Andolin Sibuea

Profil Artis Batak Andolin Sibuea

Orang batak, pasti kenal dengan musisi yang satu ini. Andolin Sibuea adalah seorang pemain musik, penyanyi dan juga pencipta lagu.

Andolin Sibuea lahir di Porsea, Kabupaten Tobasa,SUMUT.

 

Bagi Andolin, profesi arranger itu cukup menantang karena selain harus dapat menganalisis lagu yang dibuat oleh si pencipta lagu, seorang arranger juga harus dapat mengaransemen ulang sebuah lagu menjadi lagu yang indah dan berdaya jual untuk diperdengarkan ke publik.

Juga, kata Andolin, seorang arranger harus mempunyai pengetahuan musik yang luas, mampu berkolaborasi dengan pemain musik lainnya seperti pemain guitar dan saxophone dan yang lainnya, serta dituntut untuk bisa memainkan berbagai macam alat musik secara profesional.

Andolin dikenal banyak mengantongi pengalaman berkolaborasi dengan sejumlah musisi nasional. Tahun 1998 sampai 2004, ia pernah bergabung dengan grup musik lawas Koes Plus sebagai pemain lead guitar dan keyboard, Johnny Manurung, Trio Ambisi, Bunthora Situmorang, Didi Kempot, Jack Marpaung dan lainnya.

Salah satu karya Andolin Sibuea yang terkenal adalah lagu yang diciptakannya berjudul: Na Lao Salpu do Sude. Lagu ini dibawakan oleh Dewi Marpaung dan meraih juara ke-2 di acara Festival Karya Cipta Lagu Batak Tingkat Nasional 2012.

Baca Juga  Profil Artis Rita Butar-Butar