Hitabatak.com/Toba Samosir,- Dalam rangka pengembangan pariwisata Danau Toba harus disertai juga dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini dikarenakan masyarakat menjadi faktor penting dan memiliki peran yang cukup besar dalam pengembangan Pariwisata.

Hal itulah yang diupayakan oleh Masyarakat Adat Bius Motung Siopat Marga bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tobasa bersama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) dalam membangun Sopo Parguruan yang berada di Desa Motung, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada Rabu (11/12/2019).

Motung adalah salah satu desa yang berbatasan dengan zona otorita pariwisata Toba selain dua desa lainnya, Sibisa dan Sigapiton.

Sopo Parguruan atau rumah belajar ini dibangun dengan tujuan sebagai wadah bermain dan belajar untuk anak-anak masyarakat mendapatkan pengetahuan tambahan selain dari sekolah. Sopo Parguruan itu rampung dibangun. Bentuknya menyerupai pendopo dengan berbagai ornamen Gorga khas Batak. Sopo dalam etnis batak merupakan tempat pertemuan atau musyawarah warga kampung, tempat menerima tamu dan lainnya.

Bupati Toba Samosir yang ikut serta dalam meresmikan Sopo Parguruan Darwin Siagian berharap dengan keberadaan Sopo Parguruan akan mampu menghadirkan SDM unggul bisa terwujud di desa Motung.

“Sopo Parguruan diharapkan akan menjadi wadah baru bagi masyarakat dalam belajar, sehingga anak-anak kita menjadi kreatif dan meningkat SDM-nya. Bagaimana bisa berfungsi untuk meningkatkan SDM anak cucu kita kalau tidak didukung dengan fasilitas terkait,” jelasnya usai meresmikan Sopo Parguruan,

Dilansir dari lama berita sumut.sindonews.com, Lebih lanjut Dawin mengatakan bahwa  Sopo Parguruan ini nantinya akan dimanfaatkan oleh anak-anak masyarakat mendapatkan pengetahuan tambahan selain dari sekolah. Bahkan, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian meminta supaya guru bahasa Inggris didatangkan ke Sopo Parguruan.

Baca Juga  Putus Rantai Penyebaran Covid-19 Di Sumut, Gubsu Edy himbau para Pelaku Industri

“Kita mau SDM kita terus meningkat. Sesuai arahan Pak Presiden Joko Widodo,” kata Darwin.

Pembangunan  Sopo Parguruan ini sendiri sudah disepakati oleh Raja Bius Siopat Marga. Bahkan dalam Peresmiannya berlangsung sakral. Karena dilakukan dengan acara adat setempat. Para Raja Bius Siopat Marga berkumpul dan bermusyawarah. Kemudian dilanjut dengan makan bersama serta tarian tortor.