Wall Street Menguat Didorong Pergerakan Saham Apple hingga Tesla
Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Senin (1/7). #bisnisupdate #update #bisnis #text
Ilustrasi Wall Street. Foto: Shutterstock
Ilustrasi Wall Street. Foto: Shutterstock

Indeks saham Amerika Serikat (AS) Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Senin (1/7), ditopang oleh saham-saham megacap yang dipimpin oleh Apple dan Tesla.

Dikutip dari Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 50,66 poin atau 0,13 persen menjadi 39,169.52. S&P 500 (.SPX) naik 14,61 poin atau 0,27 persen menjadi 5,475.09, dan Nasdaq Composite (.IXIC) naik 146,70 poin, atau 0,83 persen menjadi 17.879,30.

Apple (AAPL.O) menguat 2,9 persen, Microsoft (MSFT.O) naik 2 persen, dan Amazon.com (AMZN.O), juga berakhir 2,2 persen lebih tinggi, mendorong indeks Nasdaq.

Sementara seperempat pendapatan indeks S&P 500 berasal dari saham-saham teknologi terbesar, yang juga terlihat kuat. Saham Tesla (TSLA.O) melonjak 6,1 persen menjelang data pengiriman kendaraan kuartal II 2024.

Wells Fargo menambahkan saham Tesla ke dalam daftar 'Ide Taktis' kuartal III, namun tetap mempertahankan peringkat 'underweight' dan menyatakan kekhawatiran tentang melambatnya pertumbuhan pengiriman dan risiko pemotongan harga.

Saham pembuat semikonduktor Advanced Micro Devices (AMD.O) turun 2.8 persen dan Arm Holdings turun 2.9 persen, menarik indeks Semikonduktor Philadelphia SE (.SOX) mendekati level terendah dalam satu minggu.

Saham real estate (.SPLRCR), juga dipandang sebagai proksi obligasi, turun hampir 1 persen karena imbal hasil Treasury AS melonjak ke level tertinggi dalam beberapa minggu. Imbal hasil yang tinggi seringkali meningkatkan keuntungan bank sehingga indeks bank S&P 500 (.SPXBK) melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari sebulan.

Saham JP Morgan Chase (JPM.N) berada pada level tertinggi sepanjang masa setelah bank terbesar AS pada hari Jumat menaikkan dividennya menjadi USD 1.25 dari USD 1.15 per saham. Dewan direksi juga mengesahkan pembelian kembali saham senilai USD 30 miliar, efektif 1 Juli.

Sementara saham Chewy (CHWY.N) turun 6,7 persen, membalikkan kenaikan tajam sebelumnya, setelah influencer saham Keith Gill, juga dikenal sebagai 'Roaring Kitty', mengungkapkan 6,6 persen saham di pengecer produk hewan peliharaan tersebut.

Ahli strategi ekuitas senior di Goldman Sachs Research, Ben Snider, mengatakan pendorong pendapatan yang paling penting adalah Penerimaan Domestik Bruto (PDB) dan perekonomian AS masih terlihat sangat sehat.

“Kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi AS tahun ini melebihi tren di atas 2 persen, sehingga pertumbuhan pendapatan masih terlihat kuat. Selain PDB, margin keuntungan tampaknya mulai pulih setelah beberapa tahun yang cukup sulit," jelasnya.

Investor sedang menunggu data pasar tenaga kerja AS yang akan dirilis akhir pekan ini untuk mendapatkan petunjuk mengenai prospek suku bunga.

Data PMI manufaktur dari Institute for Supply Management menunjukkan manufaktur mengalami kontraksi selama tiga bulan berturut-turut pada Juni, sementara harga yang dibayarkan turun ke level terendah dalam enam bulan yang merupakan tanda yang menggembirakan bagi upaya The Fed dalam memerangi inflasi.

Kemudian dijadwalkan minggu ini adalah data lowongan pekerjaan JOLTS pada hari Selasa, data ketenagakerjaan ADP, pesanan pabrik, data PMI jasa ISM, dan risalah pertemuan kebijakan terbaru The Fed pada hari Rabu. Data penggajian non-pertanian akan dirilis pada hari Jumat.

Presiden Fed New York John Williams mencatat bahwa dia masih yakin tekanan harga sudah kembali ke target 2 persen. Para investor tetap bertaruh pada sekitar dua kali penurunan suku bunga acuan The Fed tahun ini, mulai September, menurut LSEG FedWatch.

Volume perdagangan tipis, dengan pasar ekuitas akan ditutup pada hari Kamis untuk memperingati Hari Kemerdekaan AS. Volume di bursa AS adalah 10,59 miliar lembar saham, turun dari rata-rata 11,89 miliar lembar saham selama 20 hari perdagangan terakhir. Volume tipis diperkirakan terjadi sepanjang minggu.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/wall-street-menguat-didorong-pergerakan-saham-apple-hingga-tesla-2332seBhTaG

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations