Wall Street Ditutup Menguat, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia
Indeks saham Amerika Serikat (AS) Wall Street ditutup menguat pada penutupan perdagangan Selasa (18/6), didorong oleh lonjakan saham Nvidia dan beberapa saham sektor teknologi lainnya. #bisnisupdate
Kantor perusahaan Nvidiadi Taiwan. Foto: AlmondYue/Shutterstock
Kantor perusahaan Nvidiadi Taiwan. Foto: AlmondYue/Shutterstock

Indeks saham Amerika Serikat (AS) Wall Street ditutup menguat pada penutupan perdagangan Selasa (18/6), didorong oleh lonjakan saham Nvidia dan beberapa saham sektor teknologi lainnya.

Mengutip Reuters, Rabu (19/6), Dow Jones Industrial Average naik 56,76 poin, atau 0,15 persen menjadi 38.834,86. S&P 500 naik 13,80 poin, atau 0,25 persen menjadi 5.487,03 dan Nasdaq Composite naik 5,21 poin, atau 0,03 persen pada 17,862.23.

Nvidia (NVDA.O) menyalip Microsoft (MSFT.O) menjadi perusahaan paling berharga di dunia, berakhir dengan kapitalisasi pasar sebesar USD 3,22 triliun.

Saham-saham chip lainnya juga memperpanjang reli yaitu Philadelphia SE Semiconductor (.SOX) ke rekor tertinggi. Qualcomm (QCOM.O), Arm Holdings dan Micron (MU.O), naik antara 2,1 persen dan 8,7 persen, dengan Micron mencapai rekor tertinggi.

Jensen Huang, CEO Nvidia. Foto: Rick Wilking/Reuters
Jensen Huang, CEO Nvidia. Foto: Rick Wilking/Reuters

Nasdaq mencatat rekor penutupan tertinggi ketujuh berturut-turut, karena kenaikan banyak saham chip mengimbangi kerugian Alphabet (GOOGL.O), Amazon (AMZN.O), dan Platform Meta (META.O).

Sektor Keuangan (.SPSY) dan teknologi (.SPLRCT), memimpin di antara 11 sektor S&P 500, masing-masing naik 0,64 persen dan 0,61 persen, sementara layanan komunikasi (.SPLRCL) paling menurun.

Citigroup menaikkan target akhir tahun untuk S&P 500 (.SPX), membuka tab baru menjadi 5.600 poin dari 5.100.

Saham penyedia teknologi pendidikan Chegg (CHGG.N), membuka tab baru naik 3,45 persen setelah mengumumkan PHK dalam restrukturisasi.

Pembangunan rumah Lennar (LEN.N), membuka tab baru turun 4,98 persen setelah memperkirakan pengiriman rumah kuartal III lebih rendah dari perkiraan.

Pekerja melihat pergerakan saham dari layar monitor di Wall Street di New York City. Foto: Eisele / AFP
Pekerja melihat pergerakan saham dari layar monitor di Wall Street di New York City. Foto: Eisele / AFP

Penjualan ritel naik 0,1 persen di bulan Mei, dibandingkan perkiraan pertumbuhan 0,3 persen oleh para ekonom yang disurvei oleh Reuters, sementara laporan lain menunjukkan produksi industri dan output manufaktur bulan Mei yang sangat kuat.

Menyusul berita tersebut, pasar sedikit meningkatkan pertaruhan terhadap dua kali penurunan suku bunga Federal Reserve tahun ini, menurut laporan FedWatch LSEG, meskipun para bankir sentral AS memperkirakan hanya akan melakukan satu kali pelonggaran suku bunga.

Sebelumnya, Presiden Fed New York John Williams mengatakan suku bunga akan diturunkan secara bertahap, sementara Thomas Barkin dari Fed Richmond mengatakan ia memerlukan data ekonomi berbulan-bulan lagi sebelum mendukung penurunan suku bunga.

Saham-saham yang naik melebihi jumlah saham-saham yang turun dengan rasio 1,79 banding 1 di NYSE, yang memiliki 259 harga tertinggi baru dan 93 harga terendah baru.

Volume di bursa AS mencapai 10,96 miliar lembar saham, dibandingkan dengan rata-rata 11,79 miliar saham untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/wall-street-ditutup-menguat-nvidia-jadi-perusahaan-paling-berharga-di-dunia-22xtd1px9KT

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations