Uniknya Kontes Ketampanan Suku Wodaabe, Pamer Gigi Putih untuk Mendapatkan Istri
Suku Wodaabe punya tradisi unik pamer gigi putih demi ketampanan. #kumparanTRAVEL #newsupdate
Festival Gerewol  yang dilakukan suku Wodaabee Foto: Shutter Stock
Festival Gerewol yang dilakukan suku Wodaabee Foto: Shutter Stock

Suku Wodaabe di Nigeria tak hanya dikenal dengan tradisi unik menculik istri orang. Rupanya, mereka juga punya tradisi unik lainnya, yaitu memamerkan gigi putih mereka untuk memikat pasangan.

Tradisi unik yang masih jadi bagian dari Festival Gerewol ini biasa digelar setiap satu tahun sekali, antara suku-suku yang berbeda.

Festival Gerewol di suku Wodaabee, Afrika Foto: Shutter Stock
Festival Gerewol di suku Wodaabee, Afrika Foto: Shutter Stock

Mengutip humanplanet, Festival Gerewol adalah tradisi yang diturunkan oleh nenek moyang mereka. Festival ini biasanya diikuti oleh para pria dewasa.

Dalam festival ini, mereka yang terdiri dari anggota suku akan dibagi menjadi 15 kelompok sesuai dengan garis keturunan. Mereka yang lahir dari Suku Wodaabe sejak kecil telah dijodohkan oleh orang tua, sehingga jodoh mereka sudah diketahui sejak masih anak-anak.

Pernikahan ini pun sudah dilakukan juga sejak mereka masih kecil. Ketika beranjak dewasa barulah mereka diberikan kesempatan untuk mencari wanita lain, sebagai pendamping hidup sungguhan. Pencarian wanita lain inilah yang dilakukan lewat sebuah acara adat yang bernama Festival Gerewol.

Suku dengan Standar Kecantikan Berbeda

Festival Gerewol di suku Wodaabee, Afrika Foto: Shutter Stock
Festival Gerewol di suku Wodaabee, Afrika Foto: Shutter Stock

Jika standar kecantikan biasanya ada pada wanita, suku ini justru sebaliknya. Para pria akan berlomba-lomba untuk memoles penampilan mereka semenarik mungkin.

Laki-laki Wodaabe akan berdandan dan memperhatikan kecantikan mereka. Dalam budaya mereka, standar kecantikan menekankan pada mata putih, gigi yang putih, dan juga tinggi badan sebagai puncak kecantikan.

Dilansir Daily Mail, enggak heran kalau para laki-laki akan mengunakan riasan warna cerah untuk menonjolkan wajah mereka.

Festival Gerewol di suku Wodaabee, Afrika  Foto: Shutter Stock
Festival Gerewol di suku Wodaabee, Afrika Foto: Shutter Stock

Wajah mereka juga akan dicat dengan tanah liat berwarna merah atau kunyit. Ditambahkan juga eyeliner hitam untuk membuat mata tampak lebih putih, dan mereka juga akan memakai lipstik yang gelap, serta membuat gigi terlihat lebih putih.

Untuk menunjukkan keindahan mata dan gigi, mereka akan memutar dan memelototkan mata, serta menyeringai lebar hingga giginya terlihat. Agar terlihat tinggi, mereka memakai hiasan kepala dari bulu burung unta putih. Penampilan ini masih akan ditambah dengan cat wajah dan pakaian berwarna cerah.

Setelah itu, mereka akan melengkapi penampilan dengan aksesori kepala, seperti topi dengan aksen manik-manik, serta hiasan yang terbuat dari bulu burung unta dan pompon untuk meng-highlight tinggi badan. Lalu rambutnya dikepang dan dihias dengan cangkang kerang cowrie untuk melambangkan kesuburan dan kekayaan.

Jika sudah siap, mereka akan berkumpul dan memamerkan penampilan masing-masing, serta unjuk gigi dengan menari. Untuk menekankan setiap gerakan tari, para pria ini akan mengenakan kalung manik-manik berwarna cerah, seperti merah dan kuning.

Bedanya dengan kontes-kontes lain, di acara Gerewol ini para perempuan yang menjadi juri dan bisa menentukan pria mana yang jadi pemenangnya. Setelah itu, mereka juga bisa menjadikan sang juara sebagai suami.

Unik sekali, ya!

https://kumparan.com/kumparantravel/uniknya-kontes-ketampanan-suku-wodaabe-pamer-gigi-putih-untuk-mendapatkan-istri-213Gq8ZxX1a

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations