Toyota Recall Avanza, Veloz, dan Raize di Filipina, Ini Penyebabnya
Toyota kampanye program recall untuk Avanza, Veloz, dan Raize di Filipina, masalah pada rem. #kumparanOTO
Ekspor mobil Toyota Indonesia. Foto: dok. Toyota Indonesia
Ekspor mobil Toyota Indonesia. Foto: dok. Toyota Indonesia

Tiga model Toyota yakni Avanza, Veloz, dan Raize harus ditarik kembali untuk mengikuti program recall akibat masalah pada komponen rem. Demikian informasi yang dirilis oleh Departemen Perdagangan dan Industri Region 12 Filipina melalui media sosial.

Disitat dari Auto Industriya, pengumuman yang dikeluarkan sejak 30 Desember 2023 lalu itu mencakup total 10.975 unit yang terdampak. Penggantian komponen yang dilakukan ada pada brake cylinder slide pin boot.

Dijelaskan, hal itu disebabkan dari proses produksi di bagian pemasangan rem kendaraan. Singkatnya, alat pemasangan komponen mempengaruhi komponen lainnya pada sistem pengereman yang menimbulkan celah berpotensi masuknya air dan menimbulkan karat.

"Jika air masuk ke dalam slide pin, dikhawatirkan akan menimbulkan karat dan berdampak pada penurunan kinerja rem depan lebih cepat dari seharusnya," tulis departemen tersebut.

Ekspor mobil Toyota Indonesia. Foto: dok. Toyota Indonesia
Ekspor mobil Toyota Indonesia. Foto: dok. Toyota Indonesia
  • Toyota Raize sebanyak 4.345 unit dengan periode tahun produksi 12 September-7 Desember 2022

  • Toyota Avanza sebanyak 3.119 unit dengan periode tahun produksi 12 September-11 Desember 2022

  • Toyota Raize sebanyak 3.511 unit dengan periode tahun produksi 12 September-13 Desember 2022.

Pemilik model-model dengan rancang bangun Daihatsu New Global Architecture atau DNGA itu di Filipina sebenarnya juga bisa mendapatkan informasi mengenai program recall melalui aplikasi MyToyota.

Salah satu tangkapan layar notifikasi pemberitahuan recall aplikasi Toyota tersebut memperlihatkan detail permasalahan dan solusinya. Termasuk batas waktu kampanye tersebut yang akan berakhir pada 31 Januari 2027 atau sampai tiga tahun berikutnya.

Toyota Filipina sudah memberi rekomendasi kepada semua pemilik kendaraan yang terdampak untuk segera menghubungi jaringan bengkel resmi di seluruh negeri, agar dilakukan penggantian komponen brake cylinder slide pin boot secara gratis.

***

https://kumparan.com/kumparanoto/toyota-recall-avanza-veloz-dan-raize-di-filipina-ini-penyebabnya-21yzSItBxh9

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations