Timwas Haji DPR Temukan Stok Obat Flu di Beberapa Pemondokan Makkah Kurang
Timwas Haji DPR RI melakukan kunjungan ke beberapa pemondokan menemukan jemaah haji membutuhkan tambahan stok obat flu.
Tim Pengawas Haji (Timwas Haji) DPR RI berkunjung ke pemondokan jemaah haji di Makkah, Arab Saudi, Selasa (11/06/06/2024). Foto: Dok. Istimewa
Tim Pengawas Haji (Timwas Haji) DPR RI berkunjung ke pemondokan jemaah haji di Makkah, Arab Saudi, Selasa (11/06/06/2024). Foto: Dok. Istimewa

Tim Pengawas Haji (Timwas Haji) DPR RI melakukan kunjungan ke beberapa pemondokan jemaah haji, termasuk pemondokan jemaah asal Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Abdul Wachid, menyampaikan hasil pengawasan terkait fasilitas pemondokan, makanan, serta kondisi kesehatan para jemaah.

Dalam kunjungannya, Abdul Wachid mengungkapkan bahwa fasilitas pemondokan mendapat apresiasi dari para jemaah.

"Alhamdulillah, di dalam pemondokan ini tidak ada komplain terkait dengan fasilitas di dalam kamar. Kamarnya dianggap para jemaah cukup bagus, ada AC-nya, dan maksimal lima tempat tidur. Sebagian besar kamar berisi empat tempat tidur, ada juga yang berisi tiga tempat tidur," ujarnya, di Makkah, Arab Saudi, Selasa waktu Arab Saudi, (11/6).

Terkait dengan penyediaan makanan, Abdul Wachid mencatat adanya usulan dari jemaah agar variasi makanan ditingkatkan.

"Makanan cukup bagus, tapi ada beberapa usulan dari para jemaah terkait makanan yang sifatnya agak basah. Sayur dan buah-buahan masih kurang. Jika hanya diberi daging terus, banyak bapak-bapak dan ibu-ibu kesulitan buang air besar. Jadi ini perlu perhatian," jelasnya.

Ia juga menyoroti kondisi kesehatan para jemaah. Meskipun secara umum lumayan baik, terdapat kekurangan obat flu.

"Rata-rata jemaah sekarang ini membutuhkan obat flu karena kurang istirahat dan asupan vitamin. Tim kesehatan perlu menambah stok obat flu," tambahnya.

Tim Pengawas Haji (Timwas Haji) DPR RI memeriksa pemondokan jemaah haji di Makkah, Arab Saudi, Selasa (11/06/06/2024). Foto: Dok. Istimewa
Tim Pengawas Haji (Timwas Haji) DPR RI memeriksa pemondokan jemaah haji di Makkah, Arab Saudi, Selasa (11/06/06/2024). Foto: Dok. Istimewa

Menjelang keberangkatan ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina), Abdul Wachid mengingatkan para jemaah untuk menjaga kondisi tubuh.

"Kurang 5 hari menghadapi Armina, saya berharap kondisi jemaah benar-benar dipertahankan agar fit. Jika tidak perlu banget, jangan laksanakan umrah dulu, nanti setelah haji boleh laksanakan umrah 1-3 kali sehari, tapi sekarang istirahatlah yang lebih penting," tutupnya.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Timwas Haji DPR RI untuk memastikan kenyamanan dan kesehatan jemaah haji Indonesia selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio

https://kumparan.com/kumparannews/timwas-haji-dpr-temukan-stok-obat-flu-di-beberapa-pemondokan-makkah-kurang-22vLm6rPHtg

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations