Tak Mau RI Banjir Tekstil Impor, Zulhas Bakal Tarik Pajak Sampai 200 Persen
Mendag Zulhas tak mau produk tekstil impor membanjiri RI. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Mendag Zulhas usai hadiri peresmian Masjid di Direktorat Metrologi, Bandung, pada Jumat (28/6/2024). Foto: Robby Bouceu/kumparan
Mendag Zulhas usai hadiri peresmian Masjid di Direktorat Metrologi, Bandung, pada Jumat (28/6/2024). Foto: Robby Bouceu/kumparan

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas berencana menerapkan nilai pajak yang tinggi untuk produk impor, termasuk dari China. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan industri dalam negeri. Terlebih, saat ini produk impor China dinilai over capacity.

Rencananya, aturan ini akan segera dituangkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) yang akan diterbitkan pekan depan.

“Mungkin minggu depan sudah keluar,” kata Zulhas di acara Baitul Arqam Paripurna Pemuda Muhammadiyah 2024 di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada Senin (2/7).

Zulhas mengungkapkan produk yang paling menjadi perhatian adalah bidang tekstil. “(Kita terapkan) Pajak yang tinggi. Untuk tekstil 100 hingga 200 persen. Mungkin minggu depan sudah keluar (Permendagnya),” ujar Zulhas.

“Keramik over capacity ke Indonesia yang bikin kita bangkrut, (pajaknya nanti) bisa sampai 200 persen,” tambahnya.

Zulhas menegaskan pemerintah sudah berupaya mengatasi banjir impor. Misalnya, lewat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 8 tahun 2024 yang merupakan perubahan ketiga atas Permendag nomor 13 tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

“Sebelumnya mulai 2022 sudah dilihat bahwa Tiongkok akan over capacity. Karena seluruh produk Tiongkok di-banned oleh Eropa. Pasti kita akan kebanyakan. Oleh karena itu saya buat Permendag nomor 36, nomor 7, dan nomor 8. Tapi Kementerian lain enggak siap. Permendag bagus itu diubah lagi. Jalan keluar terbaik kita berikan pajak yang tinggi untuk melindungi industri dalam negeri,” tutur Zulhas..

https://kumparan.com/kumparanbisnis/tak-mau-ri-banjir-tekstil-impor-zulhas-bakal-tarik-pajak-sampai-200-persen-232lpXzKUOg

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations