SYL Akui Beri Uang Rp 1,3 Miliar ke Firli Bahuri
Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengakui pernah memberikan uang ke Firli Bahuri selaku Ketua KPK. Nilainya mencapai Rp 1,3 miliar dalam dua kali penyerahan. #newsupdate #update #news #text
Pertemuan Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo diduga di sebuah GOR badminton. Foto: Dok. Istimewa
Pertemuan Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo diduga di sebuah GOR badminton. Foto: Dok. Istimewa

Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengakui pernah memberikan uang ke Firli Bahuri selaku Ketua KPK. Nilainya mencapai Rp 1,3 miliar dalam dua kali penyerahan.

Hal tersebut diungkapkan SYL saat dicecar hakim di persidangan lanjutan dugaan korupsi pada Kementan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (24/6).

Awalnya, Hakim menanyakan soal pertemuan SYL dengan Firli Bahuri di sebuah GOR. Foto pertemuan itu ramai beredar.

“Saya ingat Saudara lagi, keterangan Panji [ajudan SYL] waktu itu, ada pengumpulan uang ya, dan pada saat pertemuan di GOR itu ada penyerahan uang tapi dari ajudan ke ajudan, Panji ke Kevin ajudannya Pak Firli, apa Saudara mengetahui itu ada pemberian sejumlah uang? tanya Hakim.

“Tahu Yang Mulia,” kata SYL.

“Benar ada itu, ya?” tanya hakim mempertegas.

“Benar, Yang Mulia,” ungkap SYL.

“Itu yang di GOR?” tanya hakim lagi.

“Di GOR,” ujar SYL.

“Berapa uangnya waktu itu?” tanya hakim lagi.

“Saya tidak tahu persis jumlahnya, tetapi saya perkirakan di sekitar Rp 500 [juta]-an,” kata SYL.

“Rp 500 juta?” hakim mempertegas.

“Iya, tapi dalam bentuk dana valas,” kata SYL.

Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri usai diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (1/12/2023). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri usai diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (1/12/2023). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Hakim lalu mendalami tujuan pemberian uang tersebut. Namun SYL mengaku bukan untuk apa-apa, hanya karena kerap dipanggil dan diperiksa KPK.

"Itu intinya apa itu? Untuk penyerahan itu intinya apa? Untuk tidak melanjutkan perkara atau gimana?” tanya hakim.

“Tidak disebut apa-apa, saya merasa bahwa kenapa saya dipanggil terus ini, dan yang proaktif mem-WA saya adalah Pak Firli,” kata SYL.

Hakim juga mendalami sosok Kombes Irwan Anwar terkait pertemuan SYL dan Firli Bahuri. SYL mengakui bahwa Kapolrestabes Semarang itu adalah keponakannya.

“Apakah sepengetahuan Saudara, Irwan Anwar yang jadi penghubung Saudara dengan Firli Bahuri waktu itu, masih ingat Saudara?” tanya hakim.

“Saya yang mengklarifikasi bahwa apakah betul Pak Firli ini mau ketemu saya, karena ini keponakan [Irwan] saya, dan pernah bersama-sama, atau katakanlah pernah menjadi di bawah struktur Pak Firli waktu jadi Kapolda di NTB,” jelas SYL.

“Jadi dalam hal ini Irwan Anwar yang mengantarkan Saudara ke Firli Bahuri, awalnya seperti itu?” tanya hakim.

“Siap Yang Mulia,” kata SYL.

“Dan ada penyerahan uang yang Saudara yang bilang tadi ya. berapa kali penyerahannya Saudara? Apa hanya sekali atau dua kali?” tanya hakim mempertegas lagi mengenai aliran uang.

“Yang dari saya dua kali, Yang Mulia,” kata SYL.

“Awalnya 500 [juta rupiah] sama ada yang 800 [juta rupiah] juga?” tanya hakim.

“Ya, kurang lebih seperti itu, Yang Mulia,” SYL membenarkan.

Kolase foto Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo. Foto: ANTARA FOTO dan kumparan
Kolase foto Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo. Foto: ANTARA FOTO dan kumparan

Terkait pemberian uang ini, diduga terkait agar Firli mengamankan kasus SYL di KPK. Namun, kemudian hal tersebut terbongkar.

Firli Bahuri sudah dijerat sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya. Namun, hingga kini Firli belum ditahan. Penyidikannya pun masih belum jelas penyelesaiannya.

Mengenai pemberian uang itu, Firli mengaku tidak pernah menerimanya. Saat menjalani sidang Dewas KPK atas dugaan pelanggaran etik, Firli Bahuri mengundurkan diri selaku Ketua KPK.

https://kumparan.com/kumparannews/syl-akui-beri-uang-rp-1-3-miliar-ke-firli-bahuri-2303OD5rqeh

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations