Suku dan Masyarakat Adat Sulawesi Barat serta Ciri Khasnya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Suku dan Masyarakat Adat Sulawesi Barat. Foto: dok. Unsplash/Heru Haryanto
Ilustrasi Suku dan Masyarakat Adat Sulawesi Barat. Foto: dok. Unsplash/Heru Haryanto

Suku dan masyarakat adat Sulawesi Barat merupakan salah satu bukti keragaman dan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Masyarakat yang menghuni provinsi Sulawesi Barat memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Salah satu suku dan masyarakat adat yang menghuni wilayah Sulawesi Barat adalah Suku Bugis. Selain itu, ada Suku Toraja dan masih banyak lagi lainnya.

Suku dan Masyarakat Adat Sulawesi Barat

Ilustrasi Suku dan Masyarakat Adat Sulawesi Barat. Foto: dok. Unsplash/Andi Hasbi Jaya
Ilustrasi Suku dan Masyarakat Adat Sulawesi Barat. Foto: dok. Unsplash/Andi Hasbi Jaya

Mengutip dari dalam buku berjudul Atlas Budaya dan Tradisi Nusantara, Yuliana Kartikawati (2017: 118), secara geografis, Sulawesi Barat merupakan daerah yang terdiri atas beberapa pegunungan dan terletak di posisi silang dari segitiga emas Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tengah.

Provinsi yang diresmikan sejak 5 Oktober 2004 sebagai provinsi ke-33 di Indonesia ini berlokasi langsung berhadapan dengan rute berlayar nasional dan internasional selat Makassar.

Suku dan masyarakat adat yang mendiami Provinsi Sulawesi Barat cukup banyak, antara lain Suku Mandar (49,15%), Toraja (13,95%), Bugis (10,79%), Jawa (5,38%), Makassar (1,59%) dan suku lainnya (19,15%).

Keragaman suku yang ada di Sulawesi Barat ini memberi dampak banyaknya bahasa daerah yang digunakan masyarakat setempat. Namun secara garis besar, bahasa daerah yang digunakan masyarakat Provinsi Sulawesi Barat yaitu bahasa Bugis, bahasa Toraja, dan bahasa Makassar.

Suku Mandar dikenal sangat kaya dengan kehidupan budaya sastranya. Hal tersebut dibuktikan dengan pantun khususnya yang cukup populer yaitu Kalindada.

Di samping itu, masyarakat Sulawesi Barat juga memiliki ciri khas berupa rumah adat, senjata tradisional, hingga alat musiknya. Untuk rumah adat Sulawesi Barat dikenal dengan Rumah Banua Layuk yang merupakan rumah adat dari Suku Mamasa.

Rumah adat tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan rumah adat suku Toraja. Sedangkan untuk senjata tradisional masyarakat Sulawesi Barat adalah badik yaitu senjata yang memiliki mata yang tebal di bagian belakang dan meruncing di bagian ujungnya.

Senjata ini memiliki gagang dan sarung yang terbuat dari kayu, tanduk, dan gading. Alat musik khas Sulawesi Barat adalah puwipuwi, kecapi mandar, keke, rebana, gongga, dan calon.

Baca juga: Jenis Baju Adat Sulawesi Tenggara Lengkap dengan Aksesori yang Digunakan

Pembahasan ringkas tentang suku dan masyarakat adat Sulawesi Barat ini dapat dijadikan sebagai materi belajar bagi siswa, khususnya dalam mengenal keragaman suku budaya di Indonesia. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/suku-dan-masyarakat-adat-sulawesi-barat-serta-ciri-khasnya-21z8a7S5OfM

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations