Suhu saat Puncak Haji Diprediksi 48°C, Petugas dan Jemaah Diimbau Siapkan Diri
Suhu saat Puncak Haji Diprediksi 48°C, Petugas dan Jemaah Diimbau Siapkan Diri #newsupdate #update #news #text
Jemaah haji berkumpul di Bukit Rahmah di dataran Arafah selama ibadah haji tahunan, di luar kota suci Makkah, Arab Saudi. Foto: Mohamed Abd El Ghany/REUTERS
Jemaah haji berkumpul di Bukit Rahmah di dataran Arafah selama ibadah haji tahunan, di luar kota suci Makkah, Arab Saudi. Foto: Mohamed Abd El Ghany/REUTERS

Cuaca saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) diprediksi mencapai 48 derajat celsius. Para jemaah dan petugas haji diimbau untuk mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan agar bisa menjalankan ibadah dan tugas dengan khusyuk dan nyaman.

"Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengatakan suhu saat puncak haji bisa mencapai 48 derajat celsius," kata Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi, Wibowo Prasetyo, di Makkah, Kamis (13/6).

Wibowo mengimbau kepada para petugas haji dan jemaah untuk mempersiapkan diri. Sering minum air putih tanpa menunggu haus dan membawa alat pelindung diri seperti payung dan lain-lain.

"Persiapkan fisik dengan baik, jaga kesehatan, minum jangan menunggu haus, dan tambahkan minum suplemen kesehatan," ucap Wibowo.

Masjidil Haram mulai dipadati jemaah jelang puncak haji, Rabu (5/6/2024). Foto: Salmah Muslimah/kumparan
Masjidil Haram mulai dipadati jemaah jelang puncak haji, Rabu (5/6/2024). Foto: Salmah Muslimah/kumparan

Kepada para jemaah, Wibowo mengingatkan agar tidak memaksakan diri. Bila lelah, segera istirahat dan pahami kondisi kesehatan badan masing-masing.

"Kepada seluruh jemaah haji untuk menjaga kesehatan serupa. Semoga Allah SWT melindungi dan menguatkan kita semua menghadapi puncak haji," tuturnya.

Para jemaah akan mengikuti rangkaian puncak haji yang dimulai pada 9 Zulhijah 1445 H atau 15 Juni 2024 dengan ibadah wukuf di Arafah. Tanggal 8 Zulhijah 1445 H atau Jumat 14 Juni 2024, jemaah secara bertahap berangkat ke Arafah untuk melaksanakan wukuf.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sudah menyiapkan seluruh layanan bagi jemaah mulai layanan transportasi, akomodasi, konsumsi, kesehatan, perlindungan jemaah dan bimbingan ibadah sejak dari hotel tempat jemaah menginap.

Untuk layanan akomodasi di Arafah, jemaah haji Indonesia akan menempati 1.169 tenda yang terbagi dalam 73 maktab atau markaz. Setiap maktab akan disiapkan 10 bus yang akan membawa jemaah dari Arafah.

Seluruh tenda jemaah dilengkapi dengan AC dan kasur serta selimut.

Makan 15 kali saat puncak haji

Selama menjalankan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, jemaah haji akan mendapat 15 kali makan dan 1 kali snack berat. 6 kali makan di antaranya diberikan dalam bentuk siap saji. Sedang 9 kali makan lainnya akan diberikan secara fresh meal.

Setiap maktab di Arafah sudah menyiapkan dapur untuk mengolah fresh meal yang akan dikonsumsi oleh jemaah haji. Makanan yang dikonsumsi jemaah haji telah melalui proses pemeriksaan untuk menjaga kualitas makanan jemaah, termasuk para lansia.

https://kumparan.com/kumparannews/suhu-saat-puncak-haji-diprediksi-48degc-petugas-dan-jemaah-diimbau-siapkan-diri-22vnA0o6dmG

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations