Struktur dari Berita Piramida Terbalik
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Sebutkan Struktur dari Berita Piramida Terbalik. Sumber: Pexels/Mali Maeder
Ilustrasi Sebutkan Struktur dari Berita Piramida Terbalik. Sumber: Pexels/Mali Maeder

Menulis berita harus menggunakan struktur penulisan yang tepat. Salah satu struktur penulisan berita yang dapat digunakan adalah piramida terbalik. Sebutkan struktur dari berita piramida terbalik!

Struktur tersebut wajib dipelajari. Sebab sangat bermanfaat ketika ingin menulis sebuah berita yang berkualitas.

Ulasan Sebutkan Struktur dari Berita Piramida Terbalik

Ilustrasi Sebutkan Struktur dari Berita Piramida Terbalik. Sumber: Pexels/Pavel Danilyuk
Ilustrasi Sebutkan Struktur dari Berita Piramida Terbalik. Sumber: Pexels/Pavel Danilyuk

Sebutkan struktur dari berita piramida terbalik! Sebelum menjawab soal tersebut, ada baiknya untuk mengetahui pengertian dari piramida terbalik.

Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas XII SMA, Abdulkarim (2008), bentuk piramida terbalik adalah teknik penulisan berita yang diawali dari masalah kurang penting menuju yang paling penting.

Apa saja struktur berita piramida terbalik? Strukturnya adalah lead, body, dan juga tail. Berikut strukturnya yang wajib diketahui.

1. Lead

Lead adalah bagian pertama dalam struktur piramida terbalik. Di dalam lead akan terdiri dari 5W1H (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana). 5W1H adalah informasi utama yang akan diletakkan di bagian awal suatu berita.

Pada umumnya, informasi utama ini akan terdiri dari satu atau dua buah paragraf. Paragraf tersebut terdiri dari tiga puluh kata.

2. Body

Body adalah bagian isi dari suatu berita. Seperti lead, di dalam body akan berisi 5W1H. Hanya saja pada bagian ini 5W1H akan ditulis dengan lebih mendetail.

3. Tail

Tail adalah ekor berita. Bagian ini akan berisi mengenai informasi tambahan maupun informasi-informasi pelengkap dari suatu berita. Dalam sebuah berita, bagian ekor ini akan ditulis mengenai penilaian penulis, harapan, hingga latar belakang dari informasi sebelumnya.

Contoh Berita dengan Struktur Piramida Terbalik

Ilustrasi Sebutkan Struktur dari Berita Piramida Terbalik. Sumber: Pexels/Cottonbro Studio
Ilustrasi Sebutkan Struktur dari Berita Piramida Terbalik. Sumber: Pexels/Cottonbro Studio

Supaya dapat lebih memahami struktur piramida terbalik. Berikut contoh penulisan berita menggunakan struktur piramida terbalik.

1. Lead

Seorang pemuda dilaporkan tewas setelah mengalami kecelakaan di depan Pasar Sukamakmur, Kecamatan XX, Kabupaten XX, Kamis (01/02/2024) pagi.

“Korban meninggal atas nama Priyo (29), warga Kecamatan XX, Kabupaten XX. Korban ditemukan bersimbah darah dekat dengan motornya. Saat perjalanan, korban meninggal dunia,” kata Kasat Lantas Polres Kota XX, AKP Bimo.

2. Body

Kejadian naas yang menimpa korban berawal saat motor dengan nomor polisi XX 1234 ABC melaju dengan sangat cepat. Motor yang dikendarai korban menghantam trotoar dan korban terlempar sejauh 5 meter.

3. Tail

Hasil olah tempat kejadian perkara menyebutkan bahwa kecelakaan motor tersebut diduga terjadi karena korban mabuk. Korban yang mabuk mengendarai motor dengan sangat cepat dan tidak dapat mengendalikannya sehingga menabrak trotoar.

Saat ini jenazah korban berada di RSUD Kota XX. Sementara motor korban diamankan oleh Satlantas Polres Kota XX.

Baca juga: Struktur Cerpen Pohon Keramat Bahasa Indonesia

Sebutkan struktur dari berita piramida terbalik! Berita ditulis dengan diawali lead, body, dan tail. Perlu diingat saat menulis berita dengan struktur tersebut, informasi ditulis dari yang paling penting ke informasi yang tidak terlalu penting. (FAR)

https://kumparan.com/berita-terkini/struktur-dari-berita-piramida-terbalik-2252GL5xlS2

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations