Struktur dan Peran yang Dimiliki oleh Batang bagi Tumbuhan
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Apa Saja Peran yang Dimiliki oleh Batang bagi Tumbuhan. Sumber: Unsplash/Ryan Hafey
Ilustrasi Apa Saja Peran yang Dimiliki oleh Batang bagi Tumbuhan. Sumber: Unsplash/Ryan Hafey

Apa saja peran yang dimiliki oleh batang bagi tumbuhan? Tumbuhan terdiri atas beberapa bagian yang memiliki peran atau fungsinya masing-masing. Struktur atau fungsi setiap bagian tumbuhan juga berbeda-beda.

Tumbuhan mudah ditemui di mana saja. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagian-bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya.

Apa Saja Peran yang Dimiliki oleh Batang bagi Tumbuhan?

Ilustrasi Apa Saja Peran yang Dimiliki oleh Batang bagi Tumbuhan. Sumber: Unsplash/Jeroen Den Otter
Ilustrasi Apa Saja Peran yang Dimiliki oleh Batang bagi Tumbuhan. Sumber: Unsplash/Jeroen Den Otter

Dikutip dari Super Complete SMP/MTs 7,8,9, Khoerunnisa (2020:265), organ pada tumbuhan dikelompokkan menjadi organ vegetatif dan organ generatif. Organ vegetatif adalah organ yang fungsinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Organ vegetatif terutama berperan dalam pengolahan, penyerapan, penimbunan, dan pengangkutan zat-zat makanan. Pada tumbuhan berpembuluh, organ vegetatifnya terdiri dari akar, batang, dan daun. Apa saja peran yang dimiliki oleh batang bagi tumbuhan?

Berikut adalah fungsi batang pada tumbuhan.

1. Sebagai Organ Generatif

Batang berfungsi untuk menahan bagian-bagian tumbuhan yang terletak di atas permukaan tanah. Tumbuhan bisa bertambah besar dan tinggi jika mendapat nutrisi yang cukup.

2. Sebagai Jalur Pengangkutan

Batang juga berfungsi sebagai jalan untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun. Selain itu, batang juga digunakan sebagai jalan untuk mengangkut makanan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

3. Sebagai Organ Vegetatif

Pada sebagian tumbuhan, batang juga berperan sebagai organ vegetatif. Batang tumbuhan bisa dijadikan untuk perkembangbiakan vegetatif dengan cara cangkok, stek, dan lainnya.

4. Untuk Menyimpan Cadangan Makanan

Fungsi lain batang pada tumbuhan adalah sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan. Contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di batang adalah sagu dan tebu.

Struktur Batang Tumbuhan

Ilustrasi Apa Saja Peran yang Dimiliki oleh Batang bagi Tumbuhan. Sumber: Unsplash/David Vig
Ilustrasi Apa Saja Peran yang Dimiliki oleh Batang bagi Tumbuhan. Sumber: Unsplash/David Vig

Agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik, terdapat struktur pada batang yang memiliki peran berbeda-beda. Berikut adalah penjelasannya.

1. Epidermis

Jaringan epidermis terdiri atas satu lapis sel berbentuk persegi yang dilapisi dengan kutikula. Sel ini banyak terdapat di batang muda.

2. Kortek

Kortek adalah bagian pada batang yang terdiri atas jaringan parenkim. Bagian kortek terdalam disebut sebagai endodermis yang berbentuk lingkaran. Endodermis tidak tampak pada batang yang sudah tua karena sudah rusak dan digantikan dengan jaringan lain.

3. Stele

Pada bagian terdalam di endodermis terdapat bagian yang dinamakan stele. Stele terdiri dari perikambium, parenkim, xilem, dan floem.

Baca juga: Letak Jaringan Pengangkut pada Tumbuhan dan Fungsinya

Apa saja peran yang dimiliki oleh batang bagi tumbuhan? Terdapat beberapa peran batang, salah satunya adalah sebagai jalur pengangkutan. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/struktur-dan-peran-yang-dimiliki-oleh-batang-bagi-tumbuhan-212WTOnURJA

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations