Siapakah yang Harus Mengisi Formulir Pendaftaran Sekolah? Ini Penjelasannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Siapakah yang Harus Mengisi Formulir. Sumber: Unsplash/Leon Dewiwje
Ilustrasi Siapakah yang Harus Mengisi Formulir. Sumber: Unsplash/Leon Dewiwje

Siapakah yang harus mengisi formulir pendaftaran sekolah? Setiap formulir seharusnya diisi oleh pemilik daftar riwayat hidup, yakni orang yang akan mendaftarkan diri. Namun, tidak semua orang yang akan mendaftarkan diri dapat menulis dengan baik.

Salah satu contoh adalah anak usia di bawah lima tahun yang akan mendaftar ke suatu sekolah, tetapi belum bisa menulis dengan baik. Jika kondisi itu terjadi, orang yang dapat membantu mengisi formulir adalah orang tua atau wali anak.

Siapakah yang Harus Mengisi Formulir Pendaftaran Sekolah?

Ilustrasi Siapakah yang Harus Mengisi Formulir. Sumber: Unsplash/Thought Catalog
Ilustrasi Siapakah yang Harus Mengisi Formulir. Sumber: Unsplash/Thought Catalog

Siapakah yang harus mengisi formulir pendaftaran sekolah? Pertanyaan seperti itu sebenarnya dapat dijawab dengan mudah. Jawaban singkatnya, yaitu orang yang harus mengisi formulir pendaftaran sekolah adalah calon peserta didik itu sendiri.

Namun, jawaban yang singkat itu belum cukup menjawab secara jelas karena bisa saja ada beberapa kondisi yang membuat calon peserta didik tidak bisa mengisi formulir sendiri. Dua contoh kondisi tersebut, yaitu:

  • Calon peserta didik merupakan anak usia di bawah lima tahun yang belum bisa menulis.

  • Tulisan calon peserta didik masih sukar terbaca sehingga riskan terjadi kesalahan informasi yang ditangkap oleh penerima formulir (pihak sekolah).

Jika salah satu atau kedua kondisi itu terjadi, pihak yang harus mengisi formulir pendaftaran sekolah adalah orang tua atau wali anak. Ketika mengisi formulir orang tua atau wali perlu mengikutsertakan anak untuk menyimak, melihat, dan memberi informasi.

Tujuannya, agar anak mengetahui bahwa kelak dirinya perlu mengisi formulir sendiri. Selain itu, mengikutsertakan anak dalam mengisi formulir juga dapat menjaga komunikasi serta membuat anak merasa dilibatkan pada setiap proses kehidupannya.

Definisi Formulir beserta Cara Mengisinya

Ilustrasi Siapakah yang Harus Mengisi Formulir. Sumber: Unsplash/Oli Dale
Ilustrasi Siapakah yang Harus Mengisi Formulir. Sumber: Unsplash/Oli Dale

Setelah mengetahui pihak yang harus mengisi formulir, sekarang adalah saat untuk melengkapi pemahaman formulir secara umum. Dikutip dari buku Yes! Sukses Taklukan Ujian SD/MI, Tim B First (2016: 6), berikut definisi dan cara mengisi formulir.

1. Definisi Formulir

Formulir adalah lembar isian atau surat isian yang harus diisi dengan data-data yang benar, jelas, dan bisa dipertanggungjawabkan. Data-data yang biasa terdapat di dalam formulir, yaitu:

  • Nama;

  • Jenis kelamin;

  • Tempat dan tanggal lahir;

  • Alamat;

  • Agama;

  • Hobi; dan lain-lain.

2. Cara Mengisi Formulir

Setiap orang yang hendak mendaftarkan diri atau mengikuti kegiatan perlu mengisi formulir sesuai dengan data dirinya. Adapun cara untuk mengisi formulir, yaitu:

  • Menggunakan huruf sesuai dengan permintaan, biasanya menggunakan huruf balok/cetak.

  • Mengisi data sesuai permintaan, tidak melebihi atau menguranginya.

  • Menjaga kebersihan serta kerapian formulir.

Baca juga: Pengertian, Bagian, dan Tahap-Tahap Pembuatan Formulir

Jadi, jawaban dari siapakah yang harus mengisi formulir pendaftaran sekolah adalah calon peserta didik karena merupakan pemilik data diri yang diperlukan. Jika calon peserta didik belum bisa menulis, orang tua atau wali dapat membantu mengisi formulir. (AA)

https://kumparan.com/berita-terkini/siapakah-yang-harus-mengisi-formulir-pendaftaran-sekolah-ini-penjelasannya-21bMxX7vuSP

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations