Serba-serbi Adu Mulut Biden dan Trump di Debat 'Panas' Pemilu AS
Di debat pertama, para kandidat membahas berbagai topik mulai dari imigrasi, aborsi, hingga demokrasi. Apa saja momen dan pernyataan penting kedua capres kali ini? #newsupdate #update #news #text
Presiden AS Joe Biden dan mantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump berpartisipasi dalam debat presiden pertama pemilu 2024 di studio CNN di Atlanta, Georgia,  Sabtu (28/6/2024). Foto: Andrew Caballero-Reynolds/AFP
Presiden AS Joe Biden dan mantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump berpartisipasi dalam debat presiden pertama pemilu 2024 di studio CNN di Atlanta, Georgia, Sabtu (28/6/2024). Foto: Andrew Caballero-Reynolds/AFP

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan eks Presiden Donald Trump kembali bertemu dalam perhelatan debat calon presiden AS, Jumat (28/6).

Debat berlangsung panas. Keduanya saling serang hampir di setiap isu. Para kandidat membahas berbagai topik mulai dari imigrasi, aborsi, hingga demokrasi.

Apa saja momen dan pernyataan penting kedua capres di debat pertama?

Pernyataan penutup

Trump menjabarkan pencapaian selama masa jabatannya sebagai presiden dan menyebut Biden sebagai “pengeluh”.

“Seluruh negara meledak karena anda, karena mereka tidak menghormati anda,” katanya kepada Biden, seperti dikutip dari CNN.

Dalam pernyataan penutupnya, Biden fokus pada pajak dan berjanji akan menurunkan inflasi.

Jaminan Sosial

Biden mengatakan akan membuat orang-orang yang sangat kaya membayar bagiannya secara adil supaya Jaminan Sosial tetap sanggup membayar utangnya.

Dia mengatakan tidak akan menaikkan biaya Jaminan Sosial bagi siapa pun yang berpenghasilan kurang dari USD 400 ribu per tahun.

Kasus-kasus pengadilan

Mantan presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump duduk di pengadilan pada hari pertama pernyataan pembukaan dalam persidangannya di Pengadilan Kriminal Manhattan karena memalsukan dokumen terkait pembayaran uang tutup mulut. Foto: Victor J. Blue/via Reuters
Mantan presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump duduk di pengadilan pada hari pertama pernyataan pembukaan dalam persidangannya di Pengadilan Kriminal Manhattan karena memalsukan dokumen terkait pembayaran uang tutup mulut. Foto: Victor J. Blue/via Reuters

Biden mengemukakan tuduhan kejahatan pidana Trump.

“Satu-satunya orang di panggung ini yang merupakan terpidana penjahat adalah orang yang saya lihat saat ini,” kata Biden sambil memandang Trump.

Biden membandingkan moral Trump dengan “kucing gang”.

Serangan Capitol 6 Januari

“Saya bisa melihat – saya hampir tidak melakukan apa pun. Mereka meminta saya untuk berpidato,” ungkap Trump saat ditanya tentang tanggal 6 Januari.

Biden menunjukkan bahwa Trump mendorong masyarakat untuk pergi ke Capitol Hill, dan duduk di Ruang Oval selama tiga jam.

“Menonton, diminta oleh wakil presidennya dan sejumlah rekannya di pihak Partai Republik untuk melakukan sesuatu, untuk menelepon untuk berhenti, untuk mengakhirinya.”

Imigrasi

Di ​​perbatasan, Biden menggembar-gemborkan kesepakatan perbatasan bipartisan yang dia negosiasikan, namun gagal di Senat.

Dia juga menyinggung kebijakan Trump yang memisahkan beberapa keluarga saat masa jabatannya.

Trump mengulangi klaim yang menyalahkan kebijakan imigrasi Biden atas kejahatan kekerasan di AS.

Konflik Gaza

Trump tidak menjawab secara langsung apakah dia akan mendukung kemerdekaan negara Palestina untuk mengakhiri perang antara Israel dan Hamas.

Sementara itu, Biden kembali menjelaskan proposal yang dia dukung untuk menukar sandera yang ditahan di Gaza dengan pembebasan tahanan Palestina, juga kelanjutan “gencatan senjata dengan persyaratan tambahan.”

Usia

Kandidat Partai Demokrat, Presiden AS Joe Biden berbicara dalam debat presiden dengan kandidat Partai Republik, mantan Presiden AS Donald Trump, di Atlanta, Georgia, AS, Kamis (27/6/2024). Foto: Andrew Caballero-Reynolds/AFP
Kandidat Partai Demokrat, Presiden AS Joe Biden berbicara dalam debat presiden dengan kandidat Partai Republik, mantan Presiden AS Donald Trump, di Atlanta, Georgia, AS, Kamis (27/6/2024). Foto: Andrew Caballero-Reynolds/AFP

Biden menunjukkan bahwa lawannya hanya beberapa tahun lebih muda darinya, namun mengatakan bahwa ia “kurang kompeten.”

Dia mendesak para pemilih untuk melihat rekam jejaknya. Sebagai tanggapannya, Trump menantang Biden untuk melakukan tes kognitif. Pasangan ini kemudian berdebat tentang keterampilan golf.

Aborsi

Trump mengatakan dia tidak akan memblokir akses terhadap obat-obatan aborsi, dan menegaskan kembali pendiriannya bahwa peraturan aborsi harus diputuskan oleh negara bagian.

Biden membalas dengan mengatakan bahwa menjadikan aborsi sebagai kebijakan negara sama saja dengan menyerahkan perlindungan hak-hak sipil kepada negara bagian.

Biden menolak klaim Trump bahwa Roe v. Wade mengizinkan dokter membunuh bayi “pada bulan ke-sembilan,” dan mengatakan “itu tidak benar.”

Ekonomi

Trump mengeklaim pertumbuhan lapangan kerja selama masa kepresidenan Biden merupakan hasil bounceback setelah lockdown akibat pandemi.

Namun pekerjaan yang diperoleh tidak semuanya “bangkit kembali” – tidak semua orang kembali ke peran mereka sebelumnya.

Para kandidat saling menyalahkan atas inflasi.

Biden mengatakan perekonomian yang diwarisinya ikut bertanggung jawab. Trump, sebagai tanggapannya, mengatakan Biden “hampir tidak mewarisi inflasi.”

Debat kedua, sekaligus terakhir, akan berlangsung pada 10 September mendatang. Sementara itu, pemungutan suaranya akan digelar bulan November 2024.

https://kumparan.com/kumparannews/serba-serbi-adu-mulut-biden-dan-trump-di-debat-panas-pemilu-as-231XfaonmHz

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations