Sejumlah Fungsi Honda CR-V Baru yang Bisa ‘Dikontrol’ Lewat Gawai
Honda Connect jadi fitur internet of vehicle di Honda CR-V baru yang fungsinya bisa memudahkan operasional, misalnya starter mobil hanya lewat aplikasi.
Peluncuran Honda Connect di GIIAS 2023, Selasa (15/8).  Foto: dok. hPM
Peluncuran Honda Connect di GIIAS 2023, Selasa (15/8). Foto: dok. hPM

Honda Indonesia tak mau ketinggalan pengaplikasian teknologi internet of vehicle, atau koneksi kendaraan ke pemiliknya melalui aplikasi di ponsel pintar.

Adalah Honda Connect nama sistemnya dan baru pertama kali diterapkan di Indonesia. Honda CR-V terbaru menjadi model pertama yang dicangkok teknologi ini, yang berfokus pada kemudahan operasional, keselamatan, dan keamanan.

"Fungsi kemudahan membantu pengguna untuk mendapatkan informasi dengan lebih cepat melalui smartphone," kata Large Project Leader of Honda Connect, Asian Honda Motor Co., Ltd., Yasuhiro Kawano di ICE BSD, Tangerang, Selasa (15/8).

Peluncuran Honda Connect di GIIAS 2023, Selasa (15/8).  Foto: dok. hPM
Peluncuran Honda Connect di GIIAS 2023, Selasa (15/8). Foto: dok. hPM

Starter mobil lewat ponsel pintar

Pengguna terlebih dulu mendaftar pada aplikasi, kemudian menghubungkannya ke mobil melalui bluetooth. Setelahnya bisa memantau dan mengatur berbagai perintah lewat satu sentuhan.

Pertama ada notifikasi status kendaraan, ketika terjadi temuan untuk mencegah hal yang tak diinginkan meliputi diagnostic support, bahan bakar, aki, kunci, dan kondisi airbag.

Pemilik mobil juga bisa mengontrol beberapa fungsi seperti menghidup atau matikan mesin mobil, pengaturan AC, penguncian pintu, dan pencahayaan mobil.

Peluncuran Honda Connect di GIIAS 2023, Selasa (15/8).  Foto: dok. hPM
Peluncuran Honda Connect di GIIAS 2023, Selasa (15/8). Foto: dok. hPM

Tak kalah penting adalah pengingat servis, yang akan memberi tahu pengguna ketika waktu perawatan tiba sehingga bisa langsung mengatur jadwal kunjungan ke bengkel resmi.

Peringatan keselamatan

Kemudian aspek keselamatan. Melalui aplikasi ketika mobil terlibat tabrakan, sistem secara mandiri akan mengirim sinyal dan meminta bantuan agar pengguna segera mendapat pertolongan.

"Pemicunya dari airbag. Jika airbag mengembang, Honda Connect akan mengirim notifikasi ke call center," timpal new Business Planning Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) Ferdianto Budiono.

Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2023 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (12/8/2023).  Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2023 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (12/8/2023). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Pada saat terjadi indikasi mobil akan dicuri dan alarm kendaraan hidup, sistem juga akan mengirim peringatan ke smartphone yang telah terdaftar. Tujuannya agar pemilik bisa segera mengantisipasi.

Lalu fungsi speed alert, yang akan memberikan notifikasi ke ponsel pintar saat kendaraan melampaui batas kecepatan yang ditentukan, dengan tujuan pengemudi jadi lebih berhati-hati dan mengurangi kecepatan lajunya.

Lacak mobil dan panggil darurat

Aspek keamanan pada Honda Connect dapat berfungsi untuk melacak kendaraan melalui layanan Find My Car. Sistem ini ideal untuk mengetahui posisi mobil atau saat terakhir kali parkir.

Honda CR-V Turbo di GIIAS 2023 di ICE BSD. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Honda CR-V Turbo di GIIAS 2023 di ICE BSD. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Lalu geofencing, yang akan memberikan peringatan apabila pergerakan mobil keluar dari zona atau parameter jarak yang telah ditentukan.

Terakhir melalui Honda Connect, pengguna dapat menghubungi Call Center Honda guna memanggil bantuan terdekat seperti kepolisian, layanan emergency road assist, asuransi, hingga ambulans.

"Kami harap melalui teknologi ini memudahkan pemilik mendapatkan informasi dan layanan lebih cepat, kami juga berencana agar ke depannya teknologi ini disematkan pada berbagai model Honda," tutup Ferdianto.

https://kumparan.com/kumparanoto/sejumlah-fungsi-honda-cr-v-baru-yang-bisa-dikontrol-lewat-gawai-1uWyk4AvV8i

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations