Sam Altman Dipecat dari Posisi CEO OpenAI, Kenapa?
Perusahaan memecat Sam Altman dari posisinya sebagai CEO, Ada apa? #kumparanTECH
CEO OpenAI, Sam Altman. Foto: Lucy Nicholson/REUTERS
CEO OpenAI, Sam Altman. Foto: Lucy Nicholson/REUTERS

Sam Altman dipecat dari posisinya sebagai CEO OpenAI. Perusahaan mengumumkan pemecatan ini pada hari Jumat (17/8) lalu.

Altman dianggap tak jujur dalam komunikasi kepada petinggi perusahaan. Altman kini tak mendapat kepercayaan dari jajaran direksi.

"Tuan Altman mengikuti proses peninjauan yang diselenggarakan dewan, menyimpulkan bahwa dia tidak secara konsisten jujur ​​dalam komunikasinya dengan dewan. (Ini) menghambat kemampuan dewan untuk melaksanakan tanggung jawabnya,” kata perusahaan itu dalam postingan blognya dilansir The Verge.

Dewan tidak lagi percaya pada kemampuannya untuk terus memimpin OpenAI.-OpenAI-

Siapa penggantinya?

Sam sementara akan digantikan oleh Chief Technology Officer Mira Murati selama OpenAI melakukan pencarian pengganti CEO permanen. Departemen komunikasi OpenAI untuk saat ini belum bisa berkomentar selain postingan blog tersebut.

Dalam akun X (dulu bernama Twwitter) Sam mengungkapkan kesannya terhadap AI dan OpenAI. Salah satu pendiri dan presiden, Greg Brockman disebut juga akan mengundurkan diri sebagai ketua dewan. Beberapa jam setelah diterbitkan, Brockman memposting ke X bahwa dia telah berhenti.

Kabar pemecatan Altman datang secara mendadak. Sam Altman selama ini telah menjadi wajah OpenAI. Ia memulai perlombaan perkembangan AI, terbukti dengan ChatGPT yang sangat populer.

Minggu lalu,, Altman memimpin keynote pada konferensi DevDay pertama perusahaan. Ia mengumumkan serangkaian pembaruan besar baru untuk bersaing dengan perusahaan teknologi besar lainnya seperti Microsoft dan Google. Baru-baru ini, Altman juga sempat berbicara di konferensi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik pada hari Kamis.

Microsoft, yang telah menginvestasikan miliaran dolar di OpenAI. Menurut laporan The Verge, pihaknya akan terus bermitra dengan perusahaan tersebut. 

“Kami memiliki kemitraan jangka panjang dengan OpenAI dan Microsoft tetap berkomitmen pada Mira dan tim mereka saat kami menghadirkan era AI berikutnya kepada pelanggan kami,” menurut pernyataan yang dikirim oleh juru bicara Microsoft Frank Shaw. 

Pernyataan serupa disampaikan CEO Microsoft Satya Nadella pada X.

Altman adalah salah satu pendiri OpenAI. Awalnya ia menjabat sebagai salah satu ketua perusahaan bersama Elon Musk. Musk keluar pada tahun 2018 untuk menghindari konflik kepentingan dengan Tesla. Sejak saat itu, ia mendirikan perusahaan AI miliknya sendiri, xAI.

Setelah kepergian Altman dan Brockman, anggota dewan yang tersisa adalah kepala ilmuwan perusahaan, Ilya Sutskever, CEO Quora Adam D'Angelo, Tasha McCauley, mantan CEO GeoSim Systems, dan Helen Toner, direktur strategi di Georgetown’s Center for Security and Emerging Technology.

https://kumparan.com/kumparantech/sam-altman-dipecat-dari-posisi-ceo-openai-kenapa-21bIIcVrGDw

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations