Sabrina, Chat Bot Andalan BRI Semakin Mirip Manusia
Sabrina BRI kini mampu menjawab pertanyaan, memberikan informasi produk dan layanan, serta membantu nasabah menyelesaikan berbagai transaksi perbankan secara cepat dan efisien.
Dengan AI, BRI menghadirkan sosok Sabrina layaknya manusia. Dok. BRI
Dengan AI, BRI menghadirkan sosok Sabrina layaknya manusia. Dok. BRI

BRI, salah satu bank terbesar di Indonesia, terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya. Salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah kehadiran Sabrina (Smart BRI New Assistant) yang kala itu diperkenalkan pada 2018.

Sabrina merupakan virtual assistant chat yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui layanan yang cepat, akurat, aman, dan nyaman. Sejak diluncurkan, Sabrina terus diperbarui kemampuannya.

Sabrina kini mampu menjawab pertanyaan, memberikan informasi produk dan layanan, serta membantu nasabah menyelesaikan berbagai transaksi perbankan secara cepat dan efisien.

Uniknya, BRI kini menghadirkan sosok Sabrina layaknya manusia. Ya dengan bantuan Artificial Intelligence (AI), Keberadaan Sabrina tidak hanya sekadar sebagai alternatif, namun juga sebagai solusi untuk mengatasi antrean dan waktu tunggu panjang saat berkomunikasi dengan frontliner di kantor BRI.

Layani Nasabah dengan Mudah dan Cepat

Nasabah tidak perlu lagi khawatir tentang jam kerja atau hari libur, karena Sabrina siap melayani setiap kebutuhan nasabah 24 jam melalui chat WhatsApp di nomor 0812-1214-017.

Salah satu keunggulan utama Sabrina adalah kemampuannya untuk belajar dan berkembang seiring waktu. Dengan menggunakan teknologi Large Language Model (LLM), BRI terus meningkatkan pemahaman Sabrina tentang berbagai pertanyaan dan situasi yang ia hadapi, sehingga mampu memberikan respons yang semakin presisi dan relevan seperti berikut ini.

  • Memberikan informasi terkait produk BRI (Simpanan, Pinjaman, Kartu, dan lainnya)

  • Memberikan informasi tentang lokasi kantor BRI dan e-channel (ATM) serta Promo BRI seperti informasi lokasi merchant BRI terdekat di sekitar kamu (Cafe, Resto, Supermarket , Hotel, dan lainnya)

  • Memberikan solusi atas permasalahan/keluhan nasabah (seperti akun atau debit terblokir, dan lainnya.

  • Membantu kamu untuk pembuatan pengaduan atas kendala transaksimu dan tracking status penyelesaian pengaduannya.

  • Mengingatkan kamu kapan harus melakukan pembayaran tagihan pinjaman, listrik dan pulsa.

Menguasai Multibahasa

Selain bahasa Indonesia, Sabrina juga dapat mengerti bahasa sehari-hari dan bahasa daerah seperti jawa, sunda, batak, dan banyak lagi.

Caranya sangat mudah, misalnya ketika kamu mengirim pesan kepada Sabrina dengan kata lapar dalam bahasa Sunda "Dahar" ataupun bahasa jawa “luwe”, Sabrina dengan cepat memberikan informasi tentang lokasi merchant terdekat di sekitarmu (jika kamu berbagi lokasi melalui fitur share location).

Dengan kemampuan multibahasa ini, Sabrina memastikan bahwa setiap nasabah dapat berinteraksi dengan mudah dalam bahasa yang mereka pahami. Serta dapat meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan dalam menggunakan layanan perbankan.

BRI Jamin Keamanan Sabrina

Sabrina dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat untuk melindungi informasi dan privasi data nasabah sehingga kamu dapat berinteraksi dengan Sabrina tanpa khawatir tentang kebocoran data atau penyalahgunaan informasi pribadi.

Penggunaan Sabrina oleh BRI juga merupakan langkah strategis dalam mengikuti perkembangan teknologi dan tren digitalisasi yang semakin pesat.

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, BRI dapat memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih baik dan memperluas jangkauan layanan perbankannya kepada masyarakat luas, kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Dengan semua keunggulan dan kemudahan yang ditawarkannya, tidak mengherankan jika Sabrina kini menjadi salah satu aset berharga BRI dalam menjaga kepuasan dan loyalitas nasabahnya.

Melalui Sabrina, BRI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjadi mitra terpercaya dalam memenuhi kebutuhan perbankan masyarakat Indonesia.

#TanyaSabrina #SabrinaBRI

Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio

https://kumparan.com/kumparantech/sabrina-chat-bot-andalan-bri-semakin-mirip-manusia-22G0rjoSOwE

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations