Rumah Sakit dan Klub Golf di Australia Larang Pengunjung Cas Mobil Listrik
Rumah sakit dan tempat golf di Australia keluarkan larangan cas mobil listrik di area parkir. #kumparanOTO
 Ilustrasi pengecasan mobil listrik Volkswagen. Foto: balipadma/Shutterstock
Ilustrasi pengecasan mobil listrik Volkswagen. Foto: balipadma/Shutterstock

Ternyata belum semua tempat mau areanya bisa dimanfaatkan sebagai parkir mobil listrik sekaligus mengisi daya. Rumah sakit dan klub golf di Australia dikabarkan menolak pengunjung melakukan pengisian daya mobil listrik pada fasilitasnya.

Sebuah grup rumah sakit milik negara, Monash Health melarang setiap pegawai dan pengunjung untuk mengisi daya mobil listrik, motor listrik, sepeda listrik di area parkir. Mengutip The Driven.

Risiko timbulnya kebakaran menjadi alasan utama, larangan ini berlaku untuk kendaraan listrik ringan seperti sepeda atau skuter listrik. Pengecualian untuk kendaraan listrik yang disewa oleh pihak rumah sakit.

Sebagai alternatif, grup yang memiliki banyak cabang rumah sakit di seluruh penjuru Australia itu menyarankan kepada karyawan dan pengunjung pengguna kendaraan listrik untuk mengisi dayanya di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di area terdekat.

Pengecasan mobil listrik di Banyuwangi. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Pengecasan mobil listrik di Banyuwangi. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Lebih lanjut, alasan spesifik di baliknya larangan tersebut adalah mengikut data WorkSafe Victoria dan Institut Keselamatan dan Kesehatan Australia (AIHS) terkait ancaman bahaya dan risiko baterai lithium-ion.

"Jika terlalu panas, baterai lithium-ion dengan berbagai ukuran dapat terbakar. Mengakibatkan kebakaran yang sulit dipadamkan, selain itu asap yang dihasilkan juga beracun," bunyi lembaga tersebut.

Disebutkan, faktor timbulnya panas berlebih bisa disebabkan ketidaksesuaian peralatan pengisian daya di SPKLU atau pun adanya kerusakan lainnya.

"Risiko kebakaran yang diakibatkan dari baterai lithium-ion memunculkan kekhawatiran sistem pemadam api yang terpasang di area parkiran tidak mampu mengendalikan dan memadamkan api," tambah pernyataan tersebut.

Pengecasan mobil listrik Wuling Air ev di SPKLU Puspiptek, Serpong. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Pengecasan mobil listrik Wuling Air ev di SPKLU Puspiptek, Serpong. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Lembaga peringatan keselamatan kerja itu memberi saran kepada setiap instansi atau penyedia kerja yang memiliki fasilitas pengecasan kendaraan listrik di areanya soal penggunaan, penyimpanan, dan pengisian daya pada ruang tertutup atau terbatas.

"Kecuali mereka memiliki sistem pendeteksi dan pemadam untuk kebakaran khusus seperti kebakaran baterai lithium-ion. Saat ini baterai jenis tersebut dapat ditemukan pada skuter listrik, sepeda listrik, motor listrik, mobil listrik, termasuk mobil plug-in hybrid," jelasnya.

Seruan serupa juga datang dari klub Golf nasional di sana, larangan dibuat menyusul kasus kebakaran yang pernah terjadi di tempat bermain golf kawasan lembah Yarra. Musababnya, kendaraan listrik atau mobil golf ketika sedang isi ulang daya listrik.

Protes

Skuter listrik Ola S1 terbakar. Foto: Dok. Istimewa
Skuter listrik Ola S1 terbakar. Foto: Dok. Istimewa

Penggawa EV Fire Safe, Emma Sutcliffe bilang tidak semua kendaraan listrik dapat digabungkan ke dalam satu golongan yang sama. Meski masyarakat kerap dibuat bingung, tetapi setiap jenis kendaraan listrik disebutnya berbeda.

"Ada laporan rutin mengenai kebakaran baterai pada sepeda listrik, skuter listrik, dan kereta listrik, tetapi hal ini sebagian besar disebabkan oleh murahnya peralatan dari China dan negara lain serta pengawasan yang buruk," jelas Sutcliffe.

Baterai EV, kata Sutcliffe, memiliki standar keamanan yang ketat dan belum ada laporan kebakaran akibat pengisian daya di Australia, dan dari enam kebakaran EV yang dilaporkan di Australia, semuanya berasal dari baterai yang sebelumnya telah rusak.

***

https://kumparan.com/kumparanoto/rumah-sakit-dan-klub-golf-di-australia-larang-pengunjung-cas-mobil-listrik-21csyGWpLMk

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations