Profil Jake Tapper dan Dana Bash, Moderator Debat Perdana Capres AS
Profil Jake Tapper dan Dana Bash, Moderator Debat Perdana Pilpres AS #newsupdate #update #news #text
Moderator dan pembawa berita CNN Jake Tapper (kiri) dan Dana Bash. Foto: Jim Watson/AFP
Moderator dan pembawa berita CNN Jake Tapper (kiri) dan Dana Bash. Foto: Jim Watson/AFP

Joe Biden dan Donald Trump akan kembali bertanding dalam debat perdana Pemilu AS 2024. Acara debat ini digelar di kantor pusat CNN di Atlanta pada Kamis (27/6) pukul 21.00 waktu setempat atau Jumat (28/6) pagi waktu Indonesia.

Pada Pemilu AS 2024 hanya akan ada dua sesi debat. Debat perdana ini digelar di dalam studio tanpa pendukung atau penonton langsung. Mikrofon juga akan langsung dimatikan begitu waktu bicara kandidat selesai.

Debat ini dipandu oleh dua jurnalis senior CNN, Jake Tapper dan Dana Bash. Ada sejumlah isu penting yang ditanyakan oleh moderator kepada kedua kandidat, termasuk soal aborsi, ekonomi dan konflik Israel-Hamas di Gaza.

Jake Tapper, Koresponden Senior Gedung Putih

Jurnalis AS Jake Tapper. Foto: Stefani Reynolds/AFP
Jurnalis AS Jake Tapper. Foto: Stefani Reynolds/AFP

Jake Tapper adalah penyiar sekaligus kepala koresponden CNN di Washington. Sejak bergabung dengan CNN pada Januari 2013 lalu, Tapper sudah mengantongi berbagai penghargaan, termasuk untuk acara yang ia pandu sendiri, "The Lead with Jake Tapper".

Acara The Lead with Jake Tapper ini telah dua kali mendapat penghargaan Emmy dan masuk nominasi untuk siaran berita langsung terbaik. Ada berbagai isu yang ia angkat di acara tersebut, termasuk soal politik, kesehatan, ekonomi, lingkungan, hingga internasional yang menitikberatkan pada sisi lain isu tersebut.

Tapper juga secara ekstensif meliput Pemilu sela 2022 dan Pemilu 2020, sekaligus menjadi analis ahli di sepanjang acara yang ia pandu. Karena kerja kerasnya itu, oleh The New York Times, Tapper dipuji dan dijuluki sebagai "si tangguh dan cepat" serta "si pembela fakta yang gigih di era Trump".

Debat Pemilu AS 2024 ini bukan debut pertamanya sebagai moderator. Ia pernah memandu debat Partai Republik di Perpustakaan Reagan pada 2015 lalu, dan debat Partai Demokrat selama kurun waktu 2020.

Tak hanya menjadi penyiar, Tapper juga menjadi pembawa acara di sejumlah film dokumenter produksi CNN, termasuk yang membahas soal mantan sandera Rusia, perang AS di Afghanistan, hingga kisah-kisah penerima Medal of Honor.

Tapper juga aktif menulis dan menerbitkan buku. Tak cuma buku-buku non-fiksi, Tapper juga menulis buku fiksi berjudul "The Hellfire Club" yang terbit 2018; dan "The Devil May Dance" yang terbit 2021.

Dana Bash, Kepala Redaktur Politik CNN

Jurnalis AS Dana Bash. Foto: Stefani Reynolds/AFP
Jurnalis AS Dana Bash. Foto: Stefani Reynolds/AFP

Dana Bash, partner Jake Tapper sebagai moderator di Debat Pemilu AS 2024, tercatat sebagai kepala koresponden politik CNN. Ia juga memiliki acara sendiri yang tayang di hari kerja pukul 12 siang bertajuk, Inside Politics.

Ini juga bukan pertama kalinya Bash bekerja bersama Tapper. Keduanya adalah pembawa berita di acara State of the Union yang tayang setiap Minggu pagi.

Bash biasanya meliput kampanye dan kongres, juga acara-acara spesial lainnya di parlemen hingga gedung putih. Pada Pemilu 2020 lalu di Detroit, Bash juga ditunjuk menjadi moderator. Di pemilu yang sama, Bash menyiarkan liputan khusus seputar pemilu selama beberapa hari.

Ia juga merupakan jurnalis yang memenangkan berbagai penghargaan, termasuk Penghargaan Sol Taishoff 2019 dari Nation Press Foundation.

Pada 2021, Bash meluncurkan serial di CNN yang tayang setiap Minggu pagi berjudul "Being ...". Di acara ini, ditampilkan obrolan mendalam dengan para tokoh yang mempengaruhi kebijakan, politik, hingga budaya di Amerika untuk menunjukkan sisi lain mereka sebagai manusia kepada publik.

Bash juga memiliki serial yang tayang secara digital di CNN sejak 2017 lalu berjudul, Badass Women of Washington. Di acara ini dibahas soal para perempuan dari berbagai latar belakang dan generasi yang berjuang 'mendobrak' gedung-gedung pencakar langit dan mendaki jabatan tinggi.

https://kumparan.com/kumparannews/profil-jake-tapper-dan-dana-bash-moderator-debat-perdana-capres-as-231UyHzplMT

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations