Pilihan Kategori Jenis Number pada Microsoft Excel
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Sebutkan tentang pilihan kategori jenis number, sumber: unsplash/Surface
Ilustrasi Sebutkan tentang pilihan kategori jenis number, sumber: unsplash/Surface

Sebutkan tentang pilihan kategori jenis number pada Microsoft Excel. Software ini merupakan program aplikasi dari Microsoft yang umumnya dimanfaatkan untuk mengolah angka. Microsoft Excel berupa lembaran tabel yang disebut juga dengan spreadsheet.

Keunggulan Excel yang paling utama adalah mengolah data yang sifatnya numerik (angka). Oleh karena itu, memahami kategori number sangat penting agar dapat menggunakannya dengan efektif.

Pilihan Kategori Jenis Number pada Excel

Ilustrasi Sebutkan tentang pilihan kategori jenis number, sumber: unsplash/CampaignCreator
Ilustrasi Sebutkan tentang pilihan kategori jenis number, sumber: unsplash/CampaignCreator

Sebutkan tentang pilihan kategori jenis number pada Microsoft Excel! Mengutip buku Rumus Excel, Adib Mubarrok (2015), software ini mempunyai beberapa kategori number yang bisa digunakan dalam spreadsheet. Beberapa kategori jenis number tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Number (Angka)

Number digunakan untuk menunjukkan angka umum tanpa desimal. Kategori ini cocok digunakan untuk data numerik pada umumnya, seperti jumlah barang, hasil perhitungan, dan lain-lain.

2. Accounting (Akuntansi)

Accounting adalah format yang menerapkan penataan khusus untuk kolom angka. Format ini memudahkan penyusunan angka di dalam kolom.

3. Currency (Mata Uang)

Mengatur tampilan angka dengan simbol mata uang, serta menentukan jumlah desimal yang ditampilkan. Ini berguna untuk kolom yang berisi data keuangan.

4. Date (Tanggal)

Date berguna untuk mengganti tampilan sel menjadi format tanggal. Format ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan atau memasukkan tanggal dengan berbagai pilihan kategori.

5. Time (Waktu)

Time digunakan untuk memformat sel menjadi kategori waktu. Format ini berguna untuk penyusunan data berupa informasi waktu.

6. Fraction (Pecahan)

Fraction merupakan format yang menampilkan angka sebagai pecahan. Pengguna bisa memilih jumlah desimal yang hendak ditampilkan sekaligus menentukan agar pecahan harus ditampilkan dalam bentuk desimal atau pecahan biasa.

7. Percentage (Persentase)

Percentage berguna untuk mengubah aangka ke dalam format persentase. Caranya yaitu dengan mengalikannya 100, lalu ditambah dengan simbol persen.

8. Custom (Kustom)

Kategori dalam Excel yang berikutnya adalah Custom. Format ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan format yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Cara Integrasi Word dan Excel yang Perlu Diketahui

Itulah jawaban dari pertanyaan sebutkan tentang pilihan kategori jenis number pada Microsoft Excel. Pemilihan format yang tepat cukup penting untuk memastikan agar data yang ditampilkan sudah sesuai dengan konteks yang diperlukan. Penggunaan Excel memberikan kemudahan dalam penyusunan atau pengolahan angka. (DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/pilihan-kategori-jenis-number-pada-microsoft-excel-227r8xOm5Hb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations