Penjelasan Apakah Daging Kurban Harus Habis dalam 3 Hari dan Cara Menyimpannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Apakah Daging Kurban Harus Habis dalam 3 Hari. Sumber: Pexels/Pripicart
Ilustrasi Apakah Daging Kurban Harus Habis dalam 3 Hari. Sumber: Pexels/Pripicart

Saat Iduladha biasanya masyarakat akan mendapatkan daging kurban. Apakah daging kurban harus habis dalam 3 hari?

Pertanyaan tersebut banyak ditanyakan oleh masyarakat, khususnya yang beragama Islam. Pertanyaan tersebut muncul karena masih banyak orang yang tidak mengetahui mengenai hukum menyimpan daging kurban.

Ketahui Apakah Daging Kurban Harus Habis dalam 3 Hari

Ilustrasi Apakah Daging Kurban Harus Habis dalam 3 Hari. Sumber: Pexels/Pixabay
Ilustrasi Apakah Daging Kurban Harus Habis dalam 3 Hari. Sumber: Pexels/Pixabay

Sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Iduladha. Saat Iduladha, umat muslim akan melakukan kurban. Dikutip dari buku Fikih Madrasah Tsanawiyah Kelas IX, Ahyar dan Najibullah (2021), kurban adalah penyembelihan hewan ternak pada Hari Raya Idul Adha dan hari Tasyrik, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijjah.

Hewan yang disembelih pada saat kurban cukup beragam. Misalnya sapi, kambing, domba, ataupun unta. Setelah berkurban, umat muslim akan mendapatkan cukup banyak daging. Apakah daging kurban harus habis dalam 3 hari?

Pertanyaan tersebut muncul karena terdapat hadis yang melarang untuk menyimpan daging kurban terlalu lama. Berikut hadisnya:

“Siapa di antara kalian berkurban, maka janganlah ada daging kurban yang masih tersisa dalam rumahnya setelah hari ketiga”. (HR. Bukhari)

Larangan menyimpan daging kurban lebih dari tiga hari karena pada waktu tersebut, Madinah mengalami masa paceklik. Oleh sebab itu muncul berbagai larangan. Kemudian hadis tersebut dicabut oleh Rasulullah saw.

"Ketika datang tahun berikutnya, para sahabat mengatakan, "Wahai Rasulullah, apakah kami harus melakukan sebagaimana tahun lalu?" Maka beliau menjawab, "(Adapun sekarang), makanlah sebagian, sebagian lagi berikan kepada orang lain dan sebagian lagi simpanlah. Pada tahun lalu masyarakat sedang mengalami paceklik sehingga aku berkeinginan supaya kalian membantu mereka dalam hal itu." (HR.Bukhari)

Cara Menyimpan Daging Kurban

Ilustrasi Apakah Daging Kurban Harus Habis dalam 3 Hari. Sumber: Pexels/Zakhar
Ilustrasi Apakah Daging Kurban Harus Habis dalam 3 Hari. Sumber: Pexels/Zakhar

Terdapat beberapa cara agar daging kurban dapat lebih awet. Berikut cara menyimpan daging kurban.

1. Jangan Mencuci Daging

Cara pertama adalah tidak mencuci daging. Kebanyakan masyarakat mencuci daging sebelum memasukkan ke dalam kulkas. padahal , mencuci daging malah membuatnya menjadi tidak awet.

2. Potong Daging

Sebelum memasukkan ke dalam kulkas, potong daging terlebih dahulu. Kemudian bagi daging ke dalam beberapa porsi agar lebih praktis ketika akan diolah. Jika tidak dipotong, maka daging akan lebih sering keluar masuk kulkas. Hal itu akan membuat daging lebih mudah terkontaminasi bakteri dan menjadi tidak awet.

Baca juga: Hewan Kurban Menjadi Kendaraan di Akhirat, Benarkah?

Apakah daging kurban harus habis dalam 3 hari? Jawabannya adalah tidak. Jika daging kurban terlalu banyak, masyarakat dapat menyimpannya di dalam kulkas. (FAR)

https://kumparan.com/berita-terkini/penjelasan-apakah-daging-kurban-harus-habis-dalam-3-hari-dan-cara-menyimpannya-22qx6JW74lV

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations