Penjelasan 5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia dan Bagian-bagiannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi 5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia. Foto: dok. Unsplash/Mathew Schwartz
Ilustrasi 5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia. Foto: dok. Unsplash/Mathew Schwartz

Pertanyaan “jelaskan 5 fungsi rangka tubuh” merupakan salah satu soal yang dibahas dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Khususnya, dalam pembahasan materi tentang bagian-bagian terpenting bagi manusia.

Salah satu fungsi rangka tubuh manusia adalah sebagai pemberi bentuk tubuh. Selain itu, masih ada beberapa fungsi rangka tubuh lainnya yang berperan besar dalam kehidupan manusia.

5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia Lengkap

Ilustrasi 5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia. Foto: dok. Unsplash/Nhia Moua
Ilustrasi 5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia. Foto: dok. Unsplash/Nhia Moua

Mengutip buku berjudul Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia, Muliana GH, ‎Agung Setiyadi, ‎Halisah Suriani (2023: 29), sistem kerangka atau skeletal terdiri dari sejumlah tulang dalam tubuh manusia yang memiliki persendian dan tulang rawan.

Kerangka tulang tersebut berguna sebagai tempat di mana otot dapat menempel untuk mempertahankan kerangka dan postur tubuh manusia.

Sistem rangka tubuh manusia bertujuan untuk menciptakan pondasi keras untuk melekatkan jaringan dan organ tubuh. Jelaskan 5 fungsi rangka tubuh manusia! Berikut ini adalah penjelasan fungsi rangka tubuh manusia.

1. Berfungsi sebagai Proteksi

Ada banyak organ penting yang dilindungi oleh kerangka, seperti jantung, otak, telinga tengah, sumsum tulang belakang, jantung dan paru-paru, bahu, sistem eksesi, dan lain sebagainya.

2. Sebagai Tempat Melekatnya Otot

otot melekat pada tulang yang membentuk pondasi tubuh manusia. Mobilitas manusia dapat dilakukan dengan adanya kombinasi tulang dan otot.

3. Sebagai Tempat untuk Memproduksi Sel Darah Merah

Haematopoiesis atau proses pembuatan sel darah merah terjadi dalam kerangka tubuh manusia. Khususnya, pada bagian sumsum tulang belakang.

4. Sebagai Pemberi Bentuk Tubuh

Berfungsi untuk membentuk struktur tubuh dan menopang serta mempertahankan bentuk tubuh.

5. Sebagai Tempat Penyimpan Nutrisi dan Mineral dalam Tubuh

Kalsium disimpan dalam matriks tulang yang juga berperan dalam metabolisme kalsium. Metabolisme besi terjadi di sumsum tulang, yang memiliki kemampuan menyimpan besi dalam bentuk ferritin.

Bagian-Bagian Kerangka Tubuh Manusia dan Cara Merawat Kesehatannya

Ilustrasi 5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia. Foto: dok. Unsplash/Nino Liverani
Ilustrasi 5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia. Foto: dok. Unsplash/Nino Liverani

Rangka manusia yang terdiri dari serangkaian tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kerangka aksial dan kerangka apendikular. Kerangka aksial meliputi 80 tulang pada manusia, sedangkan kerangka apendikular terdiri dari 126 tulang.

Kerangka tulang manusia tersebut berperan besar dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, setiap orang perlu merawat dan menjaga kesehatan tulang agar tulang dapat berfungsi dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Salah satu cara merawat kesehatan tulang adalah dengan mengonsumsi vitamin dan kalsium yang cukup dan juga menggunakan pelindung saat berkendara atau melakukan aktivitas yang berisiko cedera yang cukup tinggi.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Kerangka Tubuh pada Manusia

Penjelasan soal “jelaskan 5 fungsi rangka tubuh manusia” dalam artikel ini dapat menambah wawasan siswa terkait rangka tulang manusia. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/penjelasan-5-fungsi-rangka-tubuh-manusia-dan-bagian-bagiannya-21RthAnc5ga

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations