Pengumuman, Tarif Listrik Nonsubsidi di Kuartal III 2024 Tidak Naik
Menteri ESDM pastikan tak ada kenaikan tarif listrik nonsubsidi di kuartal III 2024. #bisnisupdate #bisnis #update #text
Ilustrasi mengisi token listrik. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Ilustrasi mengisi token listrik. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Menteri ESDM Arifin Tasrif memastikan tidak akan menaikkan tarif dasar listrik (TDL) untuk kuartal III 2024 atau periode Juli-September 2024 untuk seluruh golongan pelanggan PT PLN (Persero).

"Kalau listrik tidak naik, triwulan besok," katanya saat ditemui di kantor Ditjen Migas Kementerian ESDM, Jumat (28/6).

Kepastian tidak adanya kenaikan tarif listrik juga disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. “Kalau mengenai tarif listrik dan yang lain masih tidak ada perubahan,” kata Airlangga kepada wartawan di kantornya, Jumat (28/6).

Sementara itu Direktur Jenderal Ketenagalistrikan ESDM, Jisman P. Hutajulu, mengatakan kebijakan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga daya saing industri serta menjaga tingkat inflasi.

Sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 jo. Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2023, bahwa penyesuaian tarif tenaga listrik bagi 13 golongan pelanggan nonsubsidi dapat dilakukan setiap 3 bulan.

Penyesuaian tarif listrik mempertimbangkan perubahan terhadap realisasi parameter ekonomi makro, yakni kurs, Indonesian Crude Price (ICP), inflasi, serta Harga Batu bara Acuan (HBA).

Berdasarkan empat parameter tersebut, Jismal menyebutkan seharusnya penyesuaian tarif tenaga listrik atau tariff adjustment bagi 13 golongan pelanggan mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

"Namun untuk menjaga daya saing dan mengendalikan inflasi, Pemerintah memutuskan tarif listrik tetap atau tidak naik," ujar Jisman.

Warga memasukan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warga memasukan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). Foto: Antara/Nova Wahyudi

Sesuai regulasi tersebut, parameter ekonomi makro yang digunakan untuk kuartal III tahun 2024 adalah realisasi pada bulan Februari, Maret, dan April Tahun 2024, yaitu kurs sebesar Rp 15.822,65 per dolar AS.

Kemudian, rata-rata harga minyak mentah Indonesia (ICP) sebesar USD 83,83 per barel, inflasi sebesar 0,38 persen, dan HBA sebesar USD 70 per ton sesuai kebijakan DMO Batu bara.

Lebih lanjut, Jisman menambahkan bahwa tarif tenaga listrik untuk 25 golongan pelanggan bersubsidi juga tidak mengalami kenaikan dan tetap mendapatkan subsidi listrik.

"Termasuk di dalamnya pelanggan sosial, rumah tangga tidak mampu, industri kecil, dan pelanggan yang peruntukan listriknya bagi usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM," ucap Jisman.

Pemerintah berharap PT PLN (Persero) dapat terus melakukan langkah-langkah efisiensi operasional dan memacu penjualan listrik dengan tetap menjaga mutu pelayanan kepada pelanggan.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/pengumuman-tarif-listrik-nonsubsidi-di-kuartal-iii-2024-tidak-naik-231aQwT7uqp

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations