Pengertian Masyarakat yang Beragam di Indonesia dan Faktor Penyebabnya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Jelaskan bahwa Masyarakat Indonesia adalah Masyarakat yang Beragam!     Sumber Unsplash/Rendy Novantino
Ilustrasi Jelaskan bahwa Masyarakat Indonesia adalah Masyarakat yang Beragam! Sumber Unsplash/Rendy Novantino

Jelaskan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragam! Soal ini bagian dari tugas PPKN untuk siswa kelas 9.

Indonesia memiliki kekayaan akan keberagaman di dalamnya. Dengan adanya keberagaman, bangsa Indonesia dituntut agar dapat mengembangkan sikap toleransi dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan.

Jelaskan bahwa Masyarakat Indonesia adalah Masyarakat yang Beragam! Simak Penjelasannya

Ilustrasi Jelaskan bahwa Masyarakat Indonesia adalah Masyarakat yang Beragam!     Sumber Unsplash/Adam Novianto
Ilustrasi Jelaskan bahwa Masyarakat Indonesia adalah Masyarakat yang Beragam! Sumber Unsplash/Adam Novianto

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragam. Berdasarkan Buku Pengayaan Mapel PPKN Kelas IX SMP/MTs, Dianatul Khuro (2022:3), berikut adalah jawaban untuk soal jelaskan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragam.

Bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan bahasa. Kemajemukan ini terjalin dalam satu ikatan bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan bangsa yang utuh dan berdaulat.

Keragaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat di mana terdapat perbedaan dalam berbagai bidang, terutama suku bangsa, ras, agama, idelogi, dan budaya.

Keberagaman dalam masyarakat adalah sebuah keadaan yang menunjukkan perbedaan yang cukup banyak macam atau jenisnya dalam masyarakat.

Keberagaman memiliki makna sebagai suatu kondisi dalam masyarakat dengan perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang, terutama suku bangsa dan ras, agama dan keyakinan, ideologi, adat kesopanan, serta situasi ekonomi.

Faktor Penyebab Masyarakat yang Beragam di Indonesia

Ilustrasi Jelaskan bahwa Masyarakat Indonesia adalah Masyarakat yang Beragam!     Sumber Unsplash/Artem Beliaikin
Ilustrasi Jelaskan bahwa Masyarakat Indonesia adalah Masyarakat yang Beragam! Sumber Unsplash/Artem Beliaikin

Beberapa faktor yang mempengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia, diambil dari buku Bahan Ajar PPKN, Idah Silfiana, Tijan (2022:9), adalah berikut ini.

1. Letak Strategis Wilayah Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki letak wilayah strategis. Karena letaknya yang strategis ini, wilayah Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional yang ramai.

Pedagang dari bangsa-bangsa lain berdatangan tidak hanya membawa komoditas dagang, tetapi juga membawa pengaruh kebudayaan mereka terhadap budaya masyarakat Indonesia.

Kedatangan bangsa asing yang berbeda ras dan kemudian menetap di Indonesia, sehingga menyebabkan kemajemukan ras dan agama dalam bangsa Indonesia.

2. Kondisi Negara Kepulauan

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Lebih dari 17 ribu pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke, mengakibatkan terhambatnya hubungan antarmasyarakat dari satu pulau ke pulau yang lainnya.

Hal ini mengakibatkan masyarakat mengembangkan kebiasaan, adat istiadat, budayanya sendiri, sesuai dengan tingkat kemajuan dan lingkungannya masing-masing.

3. Perbedaan Kondisi Alam

Perbedaan kondisi alam suatu daerah berdampak pada timbulnya perbedaan dalam hal, seperti mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian, kebiasaan, bentuk rumah, dan tata kehidupan masyarakat.

Baca juga: 3 Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia dan Manfaatnya

Jelaskan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragam! Keberagaman mengandung pengertian sebagai suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat perbedaan di berbagai bidang. (DK)

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-masyarakat-yang-beragam-di-indonesia-dan-faktor-penyebabnya-22GFFeExGlz

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations