Pengertian Massa dan Volume beserta Contohnya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Pengertian Massa dan Volume, Sumber Unsplash Jeshoots.com
Ilustrasi Pengertian Massa dan Volume, Sumber Unsplash Jeshoots.com

Massa dan volume adalah satuan yang sering digunakan dalam ilmu sains maupun di kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, pengertian massa dan volume harus dipahami agar lebih mudah dalam menggunakannya.

Untuk menambah pemahaman, berbagai contoh dari massa dan volume bisa dipelajari. Contoh-contoh inipun berkaitan dengan keseharian sehingga mudah dimengerti.

Pengertian Massa dan Volume

Ilustrasi Pengertian Massa dan Volume, Sumber Unsplash  Radu Marcusu
Ilustrasi Pengertian Massa dan Volume, Sumber Unsplash Radu Marcusu

Pengertian massa dan volume adalah materi yang dipelajari dalam ilmu sains. Oleh sebab itu, siswa di sekolah akan menemukannya di pelajaran yang berhubungan dengan ilmu tersebut. Berikut penjelasannya.

1. Pengertian Massa dan Contohnya

Menurut buku Rangkuman Fisika SMP, Kinkin Suartini, M.Pd. (2010: 1), massa merupakan besaran yang menyatakan kandungan materi suatu benda. Massa merupakan salah satu besaran pokok. Jadi, massa tidak bisa diturunkan dari besaran lainnya.

Massa sering disalahartikan sebagai berat. Padahal, massa dan berat adalah dua hal yang berbeda. Massa memiliki satuan internasional kilogram dan tidak dipengaruhi oleh percepatan gravitasi. Jadi, di mana pun massa akan selalu sama.

Namun, berat memiliki satuan internasional Newton dan dipengaruhi oleh percepatan gravitasi. Oleh sebab itu, berat suatu benda bisa berbeda tergantung kekuatan gravitasi yang dimiliki suatu tempat. Perbedaan ini akan terlihat jika benda tersebut dibawa ke luar planet Bumi karena belum tentu memiliki kekuatan gravitasi yang sama.

Contoh penggunaan massa antara lain.

  • Massa anak itu sebesar 20 kilogram

  • Pak Guru menimbang suatu benda di timbangan. Ternyata, timbangan tersebut menunjukkan bahwa massa benda itu adalah 10 kilogram.

  • Massa dari benda yang dibawa ke Planet Mars adalah lima kilogram

2. Pengertian Volume dan Contohnya

Volume adalah bersaran yang menyatakan banyaknya jumlah zat pada benda tertentu. Volume sendiri merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang. Satuan Internasional dari volume adalah meter kubik (m^3).

Contoh volume dalam kehidupan sehari-hari adalah.

  • Volume bak mandi jika diisi penuh adalah tiga meter kubik

  • Kolam renang tersebut adalah 2.000 m^3

  • Jika dihitung, kubus tersebut memiliki volume sebesar 27 m^3

Itulah pengertian massa dan volume beserta contohnya. Semoga bisa dipahami dengan mudah sehingga tak bingung lagi. (LOV)

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-massa-dan-volume-beserta-contohnya-22EyBoacV2G

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations