Pengertian Konflik Antar Suku dan Contohnya
Oleh Berita Terkini
 Ilustrasi Deskripsikan yang Dimaksud Konflik Antar Suku. Sumber: Foto Unsplash/Afif Ramdhasuma
Ilustrasi Deskripsikan yang Dimaksud Konflik Antar Suku. Sumber: Foto Unsplash/Afif Ramdhasuma

DSebagaimana masyarakat multikultural, Indonesia sering mengalami konflik antar suku. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya contoh konflik antar suku yang pernah terjadi sepanjang sejarah Indonesia. eskripsikan yang dimaksud konflik antar suku!

Berdasarkan buku Bank Soal SMA IPS VOL 1, Tim Presiden Eduka, (2020:17), konflik antar suku merupakan contoh gejala sosial akibat adanya diferensiasi sosial dalam masyarakat. Terjadinya konflik antar suku bisa berdampak pada kelangsungan suatu wilayah.

Deskripsi Konflik Antar Suku

  Ilustrasi Deskripsikan yang Dimaksud Konflik Antar Suku. Sumber: Foto Unsplash/Obie Fernandez
Ilustrasi Deskripsikan yang Dimaksud Konflik Antar Suku. Sumber: Foto Unsplash/Obie Fernandez

Deskripsikan yang dimaksud konflik antar suku! Berdasarkan buku yang berjudul Fast Fokus dan Siap US – PSAJ/AFS SD/MI 2024, Andi, (2024:58), pengertian konflik antarsuku adalah konflik yang terjadi di antara dua atau lebih suku yang berbeda.

Konflik ini dapat terjadi karena perbedaan pandangan, gaya hidup, kebiasaan, dan unsur kebudayaan yang dimiliki oleh masing-masing suku. Dampak dari konflik ini adalah bertambah kuatnya rasa solidaritas kelompok.

Selain itu, konflik ini juga dapat menghancurkan kesatuan kelompok. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini, masyarakat dapat membangun persatuan dan kesatuan antarmasyarakat.

Contoh Konflik Antar Suku

   Ilustrasi Deskripsikan yang Dimaksud Konflik Antar Suku. Sumber: Foto Unsplash/Tim Gouw
Ilustrasi Deskripsikan yang Dimaksud Konflik Antar Suku. Sumber: Foto Unsplash/Tim Gouw

Ada berbagai contoh konflik antar suku yang pernah terjadi sepanjang sejarah Indonesia. Berikut di antaranya.

1. Konflik di Wamena, Papua

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai banyak suku. Peristiwa konflik antar suku di Papua juga sering terjadi. Salah satunya adalah konflik antar Suku Nduga dan Lani Jaya di Kampung Wouma pada tahun 2022 lalu.

Konflik ini disebabkan oleh adanya pembunuhan salah seorang warga suku Nduga. Hal ini tentu menyebabkan adanya perseteruan antar dua suku tersebut.

2. Konflik Suku Dayak dan Madura

Konflik antara Suku Dayak dan Madura berlangsung cukup lama. Penyebab konflik ini adalah soal wanita. Saat itu, terdapat laki-laki yang berasal dari Suku Dayak dan Madura yang menyukai wanita Dayak yang sama.

3. Konflik Suku Lampung dan Bali

Contoh konflik antar suku selanjutnya Suku Lampung dan Bali. Di wilayah Lampung, banyak suku pendatang yang berasal dari Bali. Konflik ini terjadi akibat adanya suatu permasalahan antara kedua suku tersebut yang menelan beberapa korban jiwa.

Baca juga: Faktor Penyebab dan Macam-Macam Konflik Berdasarkan Bentuknya

Itulah jawaban dari pertanyaan deskripsikan yang dimaksud konflik antar suku dan beberapa contohnya. Semoga di kemudian hari, konflik-konflik antar suku tidak akan terjadi lagi. (Adm)

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-konflik-antar-suku-dan-contohnya-2232LL4j8yA

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations