Pengertian, Fungsi, dan Peran OSIS di Sekolah
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi jelaskan mengenai peran osis. Sumber: ed us/unsplash
Ilustrasi jelaskan mengenai peran osis. Sumber: ed us/unsplash

Mendaftar OSIS adalah salah satu hal yang dapat dilakukan sebagai seorang siswa. Namun sebelum mendaftar, harus dapat jelaskan mengenai peran OSIS di sekolah agar nantinya mudah menjawab pertanyaan saat rekrutmen pengurus OSIS.

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah menengah di Indonesia. OSIS beranggotakan seluruh peserta didik dan diurus oleh peserta didik terpilih dengan bimbingan guru.

Jelaskan Mengenai Peran OSIS!

Ilustrasi jelaskan mengenai peran osis. Sumber: ed us/unsplash
Ilustrasi jelaskan mengenai peran osis. Sumber: ed us/unsplash

Mengutip buku Manajemen Layanan Khusus di Sekolah, Wildan Zulkarnain (2022), dengan mengikuti atau tergabung dalam pengurus OSIS dapat menjadi pengalaman berharga untuk masa depan peserta didik.

Peserta didik akan terbiasa dengan pola keorganisasian, kepemimpinan, dan kerja sama dalam tim. OSIS juga menjadi jantung sekolah dalam mewadahi minat bakat serta potensi peserta didik.

Jika diminta untuk jelaskan mengenai peran OSIS, organisasi ini berperan besar dalam menyediakan wahana aktualisasi dan ekspresi bebas peserta didik sesuai dengan bakat dan potensi besarnya. Potensi tersebut baik berupa seni, olahraga, sains, jurnalistik, teknologi, sastra, pramuka, keagamaan, dan lainnya.

Oleh sebab itu, di sekolah guru juga menjadi dewan penasihat OSIS. Guru berperan untuk membimbing berjalannya organisasi OSIS secara reguler, seperti pelatihan administrasi, manajemen, dan kepemimpinan.

Secara semantik, dalam Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 disebutkan bahwa kesiswaan di sekolah adalah OSIS dengan pengertian sebagai berikut:

  1. Secara umum, organisasi dalam hal ini dimaksudkan sebagai satuan atau kelompok kerja sama peserta didik yang dibentuk dalam usaha mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan.

  2. Siswa adalah peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah.

  3. Intra berarti terletak di dalam dan di antara. Jadi, OSIS merupakan suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan.

  4. Sekolah adalah satuan pendidikan tempat penyelenggara kegiatan belajar mengajar.

Fungsi OSIS

Ilustrasi jelaskan mengenai peran osis. Sumber: ed us/unsplash
Ilustrasi jelaskan mengenai peran osis. Sumber: ed us/unsplash

Sebagai sebuah organisasi, OSIS mempunyai nilai organisasi yang memberikan berbagai pengalaman berorganisasi kepada peserta didik. Adapun secara khusus, fungsi OSIS adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai satu-satunya wadah kegiatan peserta didik di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.

  2. Sebagai motivator yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat peserta didik untuk berbuat serta melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

  3. Sebagai upaya preventif. Jika secara internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, maka OSIS dapat ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman, baik dari luar atau dalam sekolah. Misalnya, menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang peserta didik.

Baca Juga: Contoh Penerapan Demokrasi di Lingkungan Sekolah

Demikian uraian jawaban dari pertanyaan jelaskan mengenai peran OSIS. Jika masih memiliki kesempatan, cobalah untuk mendaftar sebagai pengurus OSIS karena manfaatnya begitu besar bagi siswa.

(ARD)

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-fungsi-dan-peran-osis-di-sekolah-21bHDX6zNki

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations