Pengertian dan Fungsi Uang
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi untuk Fungsi uang adalah. Sumber: Unsplash/Alexander Mils
Ilustrasi untuk Fungsi uang adalah. Sumber: Unsplash/Alexander Mils

Fungsi uang adalah sebagai alat pembayaran. Selain fungsi tersebut, masih ada beberapa fungsi uang lainnya. Uang adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat. Dengan uang masyarakat bisa membeli atau membayar berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan.

Uang merupakan benda yang digunakan dalam keseharian. Karena memiliki beberapa fungsi penting, uang harus dipahami dengan baik oleh masyarakat.

Pengertian Uang

Ilustrasi untuk Fungsi uang adalah. Sumber: Unsplash/Mathieu Stern
Ilustrasi untuk Fungsi uang adalah. Sumber: Unsplash/Mathieu Stern

Mengutip dari Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X, Alam (2007:245), berikut adalah pengertian uang yang dikemukakan oleh beberapa ahli.

  • R. J. Thomas: Uang adalah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembelian barang dan jasa.

  • Sir Dennis Holme Robertson: Uang adalah sesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang.

Berdasarkan bentuknya, uang dibagi menjadi uang logam dan uang kertas. Uang kertas merupakan uang yang terbuat dari kertas. Sedangkan, uang logam terbuat dari beberapa jenis logam seperti emas, perak, atau logam lain.

Semua jenis uang penggunaannya diatur oleh undang-undang. Uang diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah.

Fungsi Uang

Ilustrasi untuk Fungsi uang adalah. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi untuk Fungsi uang adalah. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Uang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Fungsi uang dikategorikan menjadi fungsi asli dan fungsi turunan. Berikut adalah penjelasannya.

1. Fungsi Asli Uang

Fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar dan satuan hitung.

  • Alat tukar: Fungsi uang adalah sebagai alat tukar. Contohnya adalah seorang petani yang menjual hasil panen untuk mendapat uang. Uang tersebut kemudian bisa digunakan untuk membeli berbagai barang yang diperlukan.

  • Alat satuan hitung: Uang juga berfungsi sebagai alat satuan hitung. Uang digunakan untuk menghitung harga suatu barang. Jadi, nilai suatu barang bisa diukur menggunakan uang. Misalnya, harga 1 kilogram telur ayam adalah Rp25.000.

2. Fungsi Turunan Uang

Fungsi turunan uang termasuk standar pembayaran yang ditunda, alat penyimpan kekayaan, dan alat pengalih kekayaan.

  • Standar pembayaran yang ditunda: Uang berfungsi untuk menyatakan utang. Contohnya adalah akan lebih masuk akal untuk meminjam uang sebesar Rp10.000.000 untuk 3 tahun daripada meminjam seekor sapi.

  • Alat penyimpan kekayaan: Fungsi uang lainnya adalah sebagai penyimpan kekayaan. Manusia bisa menyimpan uang yang tidak terpakai untuk kebutuhan saat ini di bank dan uang tersebut bisa digunakan di masa depan.

  • Alat pengalih kekayaan: Uang berfungsi sebagai pengalih kekayaan. Misalnya ada seseorang yang akan pindah ke kota lain, rumah lama di kota sebelumnya bisa dijual dan hasil penjualan rumah tersebut bisa dibelikan rumah di kota baru.

Baca juga: Sinonim Anggaran dan Jenis-Jenisnya di Dunia Keuangan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi uang adalah sebagai alat pembayaran, alat satuan hitung, standar pembayaran yang ditunda, alat penyimpan kekayaan, dan alat pengalih kekayaan. Pelajari materi tersebut untuk lebih memahami pelajaran Ekonomi. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-dan-fungsi-uang-21uOOcIYWNQ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations