Pengertian Cell, Range, Row, dan Column pada Microsoft Excel
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi untuk Kumpulan Beberapa Cell pada Microsoft Excel Disebut. Sumber: Unsplash/Ed Hardie
Ilustrasi untuk Kumpulan Beberapa Cell pada Microsoft Excel Disebut. Sumber: Unsplash/Ed Hardie

Kumpulan beberapa cell pada Microsoft Excel disebut range. Microsoft Excel adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengolah data numerik. Biasanya, pengolahan data pada aplikasi ini menggunakan rumus-rumus tertentu.

Terdapat banyak istilah dalam Microsoft Excel yang harus dipahami oleh penggunanya. Dengan demikian, pengguna bisa memanfaatkan semua fitur Excel secara baik.

Kumpulan Beberapa Cell pada Microsoft Excel Disebut Range

Ilustrasi untuk Kumpulan Beberapa Cell pada Microsoft Excel Disebut. Sumber: Unsplash/Christin Hume
Ilustrasi untuk Kumpulan Beberapa Cell pada Microsoft Excel Disebut. Sumber: Unsplash/Christin Hume

Ada beberapa aplikasi yang umum digunakan dalam dunia kerja, salah satunya adalah Microsoft Excel. Aplikasi ini digunakan untuk mengolah data.

Dikutip dari Panduan Praktis Belajar Microsoft Excel 2021, Supriyadi dan Prasetiyawati (2022:1), Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi Microsoft Office berupa spreadsheet untuk mengolah data berupa teks, alphanumeric, atau numeric.

Kumpulan beberapa cell pada Microsoft Excel disebut range. Agar bisa memanfaatkan Excel dengan baik, pengguna harus memahami sejumlah istilah yang kerap digunakan seperti cell, range, row, dan column. Berikut penjelasannya.

1. Cell

Cell atau sel merupakan pertemuan antara kolom dan baris yang ditampilkan di name box. Contohnya adalah A1 berarti cell yang sedang aktif di kolom A baris 1. Cell juga disebut sebagai bagian paling kecil dalam sebuah worksheet.

2. Range

Range merupakan kumpulan beberapa cell yang sudah diblok oleh pointer pada bidang lembar kerja. Range bisa saja terdiri dari beberapa baris, kolom, atau juga gabungan dari keduanya. Contohnya adalah A1:D8 berarti select mulai dari cell A1 sampai dengan cell D8.

3. Row

Row juga disebut sebagai baris. Bagian ini adalah bagian worksheet yang melintang secara horizontal atau dari kanan ke kiri. Row ditandai dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Dalam Microsoft Excel, jumlah baris adalah 1.048.576 (untuk Excel 2007 ke atas).

4. Column

Column atau kolom merupakan bagian worksheet yang melintang secara vertikal atau dari atas ke bawah. Bagian kolom ini ditandai dengan huruf A, B, C, dan seterusnya. Untuk Microsoft Excel 2007 ke atas, jumlah kolomnya adalah 16.384 dari A hingga XFD.

Baca juga: Formula Bar: Daerah Tempat Penulisan Rumus Excel

Kumpulan beberapa cell pada Microsoft Excel disebut range. Selamat belajar! (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-cell-range-row-dan-column-pada-microsoft-excel-22IvZXbBlLa

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations