Pasokan Suzuki Jimny untuk Indonesia Bakal Ditambah, Inden Jadi Makin Singkat?
Inden Suzuki Jimny bakal lebih singkat karena pabrikan berencana menambah alokasi unit SUV legendaris tersebut untuk pasar Indonesia.
Suzuki Jimny Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Suzuki Jimny Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Sebagai mobil legendaris yang memiliki kenangan begitu juga kesan tersendiri bagi sejumlah orang, tak heran Suzuki Jimny punya peminat yang banyak.

Kabar baiknya, Suzuki Motor Corporation (SMC) bakal nambah pasokan Jimny ini, termasuk ke Indonesia. Otomatis, inden SUV legendaris tersebut diharapkan makin singkat.

"Di semua pasar, tidak hanya Indonesia ya, kuota produksi juga akan ditambah. Jadi kepada Indonesia juga akan ditambah," kata Kinji Saito, Director and Senior Managing Officer Global Automobile Marketing SMC, di Japan Mobility Show 2023, Tokyo, Jepang, Rabu (25/10).

Director and Senior Managing Officer Global Automobile Marketing Suzuki Motor Corporation, Kinji Saito di Japan Mobility Show 2023.  Foto: Lutfan Darmawan/kumparan
Director and Senior Managing Officer Global Automobile Marketing Suzuki Motor Corporation, Kinji Saito di Japan Mobility Show 2023. Foto: Lutfan Darmawan/kumparan

Memang berapa sih unit yang dijual di Indonesia setiap bulannya saat ini?

Head of Public Relations & Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Zulfikar Rafi Al Ghany membeberkan datanya. Dia mengacu pada data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

"Tahun ini dari Januari ke September (sembilan bulan) penjualan secara wholesales (dari SIS ke diler) rentangnya variatif dengan rata-rata 75 unit per bulan (kadang lebih bisa sampai 104, kadang kurang)," kata dia.

Sedangkan, untuk retail salesnya dari diler ke konsumen, rata-rata penjualannya mencapai 85 unit per bulan. Ghany menyebut bahwa inden Jimny saat ini tidak terlalu lama dibandingkan dahulu.

Kalau dulu, sejak meluncur pada 2019 lalu, Indonesia hanya kebagian jatah 50 unit per bulan.

"Konsumen sudah tidak perlu waiting list terlalu lama seperti dulu, karena jumlah unit semakin banyak untuk segera memenuhi kebutuhan pelanggan," ucapnya, tanpa membeberkan berapa lama inden mobil tersebut.

Spesifikasi Suzuki Jimny

Suzuki Jimny Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Suzuki Jimny Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Jimny banyak diminati karena kemampuannya untuk melibas rintangan offroad dengan badannya yang mungil juga menjadi favorit banyak orang. Saat ini, Jimny dibekali dengan mesin berkode K15B 4-silinder, 16 katup yang mampu memuntahkan tenaga 100 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 130 Nm pada 4.000 Nm.

Seluruh torsi dan tenaga tersebut kemudian disalurkan ke sistem penggerak 4WD melalui 2 pilihan transmisi, yakni transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatik.

Menyoal harganya, Jimny varian termurah, yakni single tone bertransmisi manual dibanderol Rp 443,9 juta. Sementara varian termahalnya, yakni dual tone dengan transmisi otomatik ditawarkan Rp 460,5 juta.

https://kumparan.com/kumparanoto/pasokan-suzuki-jimny-untuk-indonesia-bakal-ditambah-inden-jadi-makin-singkat-21RxFfMoSJv

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations