OpenAI Rilis Model AI Baru GPT-4o, Bisa Ajak Ngobrol ChatGPT
Model AI baru ini bikin ChatGPT bisa diajak ngobrol sama penggunanya dengan respons secara real-time. #kumparanTECH
Aplikasi ChatGPT untuk iPhone di App Store. Foto: kumparan
Aplikasi ChatGPT untuk iPhone di App Store. Foto: kumparan

OpenAI merilis model kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru untuk ChatGPT. Namanya GPT-4o.

Model AI ini mampu melakukan percakapan suara secara realistis. Teknologi tersebut juga membuat ChatGPT lebih baik dalam mengolah interaksi via teks dan gambar.

Kemampuan audio baru memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan ChatGPT. Pengguna juga mendapatkan respons secara real-time tanpa gangguan dari asisten kecerdasan buatan itu.

"Rasanya seperti AI di film... Berbicara dengan komputer tidak pernah terasa alami bagi saya; sekarang terasa alami," kata CEO OpenAI, Sam Altman, dikutip dari Reuters.

Chief Executive Officer (CEO) OpenAI Samuel Altman. Foto: Direktorat Jenderal Imigrasi/HO Antara
Chief Executive Officer (CEO) OpenAI Samuel Altman. Foto: Direktorat Jenderal Imigrasi/HO Antara

Di acara peluncurannya, Senin 13/5) waktu setempat, peneliti OpenAI memamerkan kehebatan asisten suara baru ChatGPT. Demo memperlihatkan ChatGPT menggunakan kemampuan penglihatan dan suaranya untuk berbicara dengan peneliti melalui penyelesaian persamaan matematika di selembar kertas.

Demo lain menunjukkan kemampuan terjemahan bahasa yang dilakukan GPT-4o secara real-time. Selanjutnya, model baru ChatGPT juga terlihat mampu merespons percakapan genit yang dilontarkan peneliti OpenAI.

Chief Technology Officer OpenAI, Mira Murati, mengatakan GPT-4o akan tersedia gratis maupun berbayar untuk pengguna ChatGPT di seluruh dunia. GPT-4o bakal hadir secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan.

Selain mengumumkan GPT-4o, OpenAI juga merilis fitur "browse" yang bisa diakses oleh pengguna ChatGPT gratisan. Fitur tersebut memungkinkan ChatGPT menampilkan informasi terkini dari web, seperti web browser.

OpenAI merilis ChatGPT pertama kali pada akhir 2022. Tak lama setelah peluncurannya, ChatGPT menjadi aplikasi tercepat yang mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan.

https://kumparan.com/kumparantech/openai-rilis-model-ai-baru-gpt-4o-bisa-ajak-ngobrol-chatgpt-22jr0WneJ6w

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations