Nama Dusun di Yogyakarta di mana Presiden Ke-2 RI Soeharto Dilahirkan
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Sebuah Dusun di Yogyakarta di mana Presiden Ke-2 RI Soeharto Dilahirkan. Foto: dok. Unsplash/Fahmi Anwar
Ilustrasi Sebuah Dusun di Yogyakarta di mana Presiden Ke-2 RI Soeharto Dilahirkan. Foto: dok. Unsplash/Fahmi Anwar

Sebuah dusun di Yogyakarta di mana Presiden ke-2 RI Soeharto dilahirkan dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki sejarah penting dalam perjalanan hidup Soeharto. Dusun tersebut dikenal dengan nama Kemusuk.

Presiden Soeharto dikenal sebagai salah satu presiden yang cukup bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Beliau juga menggantikan Presiden Soekarno untuk memimpin Indonesia selama tujuh periode kepemimpinan.

Mengenal Sebuah Dusun di Yogyakarta di mana Presiden Ke-2 RI Soeharto Dilahirkan

Ilustrasi Sebuah Dusun di Yogyakarta di mana Presiden Ke-2 RI Soeharto Dilahirkan. Foto: dok. Unsplash/Madina Sidarto
Ilustrasi Sebuah Dusun di Yogyakarta di mana Presiden Ke-2 RI Soeharto Dilahirkan. Foto: dok. Unsplash/Madina Sidarto

Soeharto merupakan salah satu tokoh nasional yang dikenal sebagai presiden ke-2 Republik Indonesia. Beliau resmi menjabat sebagai presiden Republik Indonesia pada tahun 1968 sebagai pengganti Presiden Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia.

Presiden Soeharto merupakan sosok presiden yang lahir di sebuah dusun yang ada di Yogyakarta. Lebih lengkap, lokasi kelahiran Soeharto dijelaskan dalam buku Harapan Rakyat Kabinet Kerja Jokowi-JK & UUD 1945 (Amandemen), Tim Edu Penguin (2014: 143),

Dikutip dari buku tersebut bahwa sebuah dusun di Yogyakarta di mana Presiden ke-2 RI Soeharto dilahirkan bernama Dusun Kemusuk, yang berlokasi di Desa Argomulyo, Yogyakarta, pada 8 Juni 1921.

Kemusuk merupakan daerah yang termasuk dalam bagian Kawedanan Godean, yang saat ini menjadi Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dusun Kemusuk ini juga menjadi salah satu lokasi yang dijadikan sasaran dalam Agresi Militer Belanda II.

Biografi Singkat Presiden Soeharto

Ilustrasi Sebuah Dusun di Yogyakarta di mana Presiden Ke-2 RI Soeharto Dilahirkan. Foto: dok. Unsplash/Suci Melia Nirmalasari
Ilustrasi Sebuah Dusun di Yogyakarta di mana Presiden Ke-2 RI Soeharto Dilahirkan. Foto: dok. Unsplash/Suci Melia Nirmalasari

Soeharto merupakan presiden kedua Indonesia yang menggantikan Soekarno. Soeharto menjabat sebagai Presiden sejak tahun 1966 sampai 1998. Presiden Soeharto dikenal sebagai Bapak Pembangunan Indonesia.

Soeharto lahir dari pasangan suami istri Sukirah dan Kertorejo. Beliau sempat mengenyam pendidikan dasar di beberapa tempat. Mulai dari Twir, Yogyakarta, Wuryantoro, dan Solo.

Setelah lulus pendidikan dasar, Soeharto kemudian melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP dan sekolah agama di Wonogiri dan Yogyakarta pada 1935-1939.

Selanjutnya Soeharto bersekolah di Sekolah Bintara yang berlokasi di Gombong, Jawa Tengah. Selama hidupnya Soeharto dikenal gigih dalam belajar berbagai ilmu pengetahuan.

Dikutip dari buku berjudul Falsafah Kepemimpinan Jawa : Dari Sultan Agung Hingga Hamengkubuwono IX, Sri Wintala Achmad (2018), selama Soeharto bersekolah di SR Pedes, ia selalu menekuni semua mata pelajaran, terutama ilmu berhitung.

Baca juga: Waktu Presiden Soeharto Mengumumkan Pemberhentian Dirinya dan Latar Belakangnya

Sekian pembahasan mengenai sebuah dusun di Yogyakarta di mana Presiden ke-2 RI Soeharto dilahirkan beserta biografi singkatnya. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/nama-dusun-di-yogyakarta-di-mana-presiden-ke-2-ri-soeharto-dilahirkan-21oqbYo61TA

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations