Mobil Listrik Kia EV3 Masuk Indonesia Tahun Depan, Berapa Harganya?
Kisaran Rp 500 jutaan, mobil listrik Kia EV3 siap tantang pabrikan China di Indonesia. #kumparanOTO
Mobil listrik Kia EV3. Foto: Kia
Mobil listrik Kia EV3. Foto: Kia

Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo memberi sinyal soal peluang memboyong model mobil listrik Kia Ev3 yang baru saja melakukan debutnya secara global.

"Ya itu mudah-mudahan tahun depan, kita lagi hitung. Mudah-mudahan kalau bisa tahun depan, kita maunya secepatnya," buka Ario ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (29/5).

Menurutnya, EV3 merupakan produk yang menarik dan dinilai cocok untuk pasar Tanah Air. Sebab, banderol yang dijanjikan bakal terjangkau dan diharapkan mampu bersaing dengan mobil listrik China.

"Apalagi kalau harganya menarik tidak berbeda jauh yang dari Tirai Bambu (China) atau sesama saudara, soalnya itu kan benar SUV. Harga resmi belum ada, tapi perkiraan sudah ada, kalau tidak salah USD 30 ribuan atau Rp 500 jutaan," imbuh Ario.

Mobil listrik Kia EV3. Foto: Kia
Mobil listrik Kia EV3. Foto: Kia

Kia Indonesia sendiri sudah merencanakan enam produk baru yang bakal meluncur tahun ini. Dua di antaranya sudah direalisasikan berupa Sonet Midnight Edition dan terbaru Carnival facelift.

"Ada facelift, ada penambahan varian. Tahun ini ada enam, baru muncul dua sisanya masih empat lagi," jelas Ario.

Khusus untuk mobil listrik, lininya baru ada Kia EV6 GT-Line Rp 1,29 miliar dan Kia EV9 GT-Line Rp 1,98 miliar. Diakui Ario, populasi keduanya di Indonesia sudah mencapai 200 unit.

Sekilas mobil listrik Kia EV3

Mobil listrik Kia EV3. Foto: Kia
Mobil listrik Kia EV3. Foto: Kia

Kia EV3 adalah lini terkecil dari keluarga mobil listrik jenama Korea Selatan itu. Usung bahasa desain terkini pabrikan yang disebut 'Opposite United', tampangnya mirip dengan kakaknya EV9.

Hadirnya model ini menyasar segmen kendaraan elektrik murni dengan harga lebih terjangkau. President and CEO Kia Global, Ho-sung Song mengatakan kisarannya berada USD 35 ribu hingga 50 ribu atau berkisar Rp 550-790 jutaan.

"Kami masih berusaha mencapai kisaran harga ini di seluruh dunia. Masing-masing negara bisa berbeda harganya tapi kami menyasar harga tersebut," kata Song saat peluncuran Kia EV3 secara virtual.

EV3 merupakan buah pengembangan terbaru dari platfrom E-GMP, rancang bangun khusus untuk mobil listrik yang serupa dengan saudaranya maupun Hyundai IONIQ 5. Ciri khas Star Map T desain pada lampu depan dan dikombinasikan grill Tiger Nose terbaru.

Mobil listrik Kia EV3. Foto: Kia
Mobil listrik Kia EV3. Foto: Kia

Model ini menawarkan kepraktisan, tetapi dengan kemampuan yang tetap sama baiknya seperti model listrik Kia lainnya yang lebih besar. Dibekali dengan baterai berkapasitas 81,4 kWh untuk tipe Long range yang menjanjikan daya tempuh hingga 560 kilometer sekali cas.

Sementara bagian interior, Kia mengedepankan unsur kepraktisan tinggi seperti menyediakan ruang penyimpanan yang banyak. Desain konsol tengah unik yang dapat diatur posisinya secara fleksibel untuk menaruh benda selayaknya di meja.

Ia punya dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.560 mm, serta jarak sumbu roda 2.680 mm. Motor listrik penggeraknya berkekuatan 150 kW dengan torsi 283 Nm, akselerasi dari diam ke 100 km/jam tuntas dalam waktu 7,5 detik.

***

https://kumparan.com/kumparanoto/mobil-listrik-kia-ev3-masuk-indonesia-tahun-depan-berapa-harganya-22pkNIxjZMt

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations