Mobil Listrik GAC Aion Y Plus Meluncur di Indonesia Juni 2024, Berapa Harganya?
Mobil listrik baru asal China meluncur lagi di Indonesia pada Juni 2024, ini modelnya. #kumparanOTO
Mobil listrik GAC Aion Y/Y Plus. Foto: GAC Motor
Mobil listrik GAC Aion Y/Y Plus. Foto: GAC Motor

Chief Executive Officer PT Indomobil Energi Baru yang menaungi jenama asal China, GAC Aion New Energy Automobile Co., Ltd., Andry Ciu mengatakan akan segera meluncurkan model mobil listrik perdananya di Indonesia bulan Juni mendatang.

"(GIIAS 2024) ada dua produk, Juni akhir nanti satu produk (akan meluncur). Kemudian nanti ada lagi satu (meluncur) di GIIAS 2024, sementara dua produk," buka Andry ditemui di Jakarta, Jumat (10/5).

Model debutan yang dijadwalkan menyapa publik Tanah Air nantinya adalah Aion Y Plus. Mobil setrum dua baris berkapasitas 5 penumpang yang disebut unggulkan ruang kabin lega.

"Saya sebut yang Y Plus dahulu, mobil ini mengunggulkan ruang kabin yang lega, spacious. Saya tinggi 178 cm kalau duduk di baris kedua itu leg room ada sisa 30 cm, lantai juga flat. Jadi ini dua baris bukan tiga baris," terang Andry.

Mobil listrik GAC Aion Y/Y Plus. Foto: GAC Motor
Mobil listrik GAC Aion Y/Y Plus. Foto: GAC Motor

Sayangnya, dirinya masih enggan membeberkan bocoran kisaran harga yang akan dipasarkan. Tapi, Aion Y Plus nantinya akan langsung bisa dipesan dengan banderol perkenalan yang diklaim ekonomis.

"Kemudian ini ekonomis, pokoknya value for money-nya sangat bagus. Kita akan mulai produksi akhir tahun ini di Indonesia, sementara (masih CBU) karena butuh persiapan dan waktu untuk instal dan segala macamnya di (pabrik) Cikampek," jelas Andry.

Untuk sementara ini, lanjut Andry, pihaknya baru akan memperkenalkan dua model listrik terlebih dahulu. Serta, menyiapkan jaringan layanan purna jual dengan target 20 diler hingga akhir tahun ini.

"Sampai dengan Agustus dan September itu jadi, sebelum launching produk yang pertama paling tidak tujuh (diler area Jakarta) sudah ada karena butuh renovasi," pungkasnya.

Sekilas spesifikasi mobil listrik GAC Aion Y Plus

Mobil listrik GAC Aion Y/Y Plus. Foto: GAC Motor
Mobil listrik GAC Aion Y/Y Plus. Foto: GAC Motor

GAC Aion Y Plus memiliki wujud seperti hatchback dan MPV yang digabung menjadi satu. Desainnya pun mengedepankan kesan futuristik dengan elemen garis serba tajam.

Lampu utamanya unik karena punya bagian yang memanjang dari atas hingga ke bawah. Bagian samping juga dihiasi dengan panel plastik hitam yang memperkuat kesan crossover.

Pun pada area kabin, kombinasi warna yang meriah membuatnya tampil modern. Terdapat head unit dengan layar sentuh berukuran 14,6-inci, masih ada sebuah panoramic roof pada atapnya.

Mobil listrik GAC Aion Y/Y Plus. Foto: GAC Motor
Mobil listrik GAC Aion Y/Y Plus. Foto: GAC Motor

Melansir dari laman resmi GAC global, Y Plus dibekali dengan motor listrik penggerak berkekuatan 100 kW yang juga menghasilkan torsi sebesar 225 Nm. Kapasitas baterai lithium iron phosphate 63,2 kWh.

"MPV Cross 5-seater, jaraknya kita siapkan dua varian ada yang 410 kilometer dan 490 kilometer (NEDC)," tambah Andry.

GAC Aion Y Plus punya dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, dan tinggi 1.650 mm. Serta jarak sumbu roda yang membentang 2.750 mm. Profil ban cukup gambot yakni 215/55 R17 alias pakai velg 17-inci.

***

https://kumparan.com/kumparanoto/mobil-listrik-gac-aion-y-plus-meluncur-di-indonesia-juni-2024-berapa-harganya-22iIkUOt8QU

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations