Mengenal Ikan Patin dan Fungsi Dua Pasang Sungut Pendek pada Mulut Ikan Patin
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Apa Fungsi Dua Pasang Sungut Pendek pada Mulut Ikan Patin. Sumber: Unsplash/Will Turner
Ilustrasi Apa Fungsi Dua Pasang Sungut Pendek pada Mulut Ikan Patin. Sumber: Unsplash/Will Turner

Apa fungsi dua pasang sungut pendek pada mulut ikan patin merupakan salah satu pertanyaan yang muncul dibenak pecinta ikan. Ikan patin adalah sekelompok ikan air tawar yang termasuk dalam famili Pangasiidae.

Dikutip dari buku Kiat Sukses Bisnis Ikan Patin, Triyanto, (2020:5), ikan yang termasuk dalam kelompok genus Pengasius, dengan famili Pangasiidae ini memiliki banyak manfaat bagi orang yang mengonsumsinya.

Mengenal Ikan Patin

Ilustrasi Apa Fungsi Dua Pasang Sungut Pendek pada Mulut Ikan Patin. Sumber: Unsplash/Milos Prelevic
Ilustrasi Apa Fungsi Dua Pasang Sungut Pendek pada Mulut Ikan Patin. Sumber: Unsplash/Milos Prelevic

Ikan patin (Pangasius sp.) adalah salah satu ikan asli perairan Indonesia yang telah berhasil didomestikasi. Ikan patin dulunya adalah nama lokal untuk ikan asli Indonesia yang memiliki nama ilmiah Pangasius.

Saat ini nama patin digunakan untuk menyebut sebagian besar ikan dalam famili Pangasidae. Untuk Pangasius sutchi diberi nama patin siam dan untuk Pangasius djambal di beri nama patin djambal.

Kedudukan taksonomi ikan patin djambal adalah sebagai berikut:

  • Ordo : Ostariophysi

  • Sub-ordo : Siluroidea

  • Famili : Pangasidae

  • Genus : Pangasius

  • Spesies : Pangasius djambal

Kedudukan taksonomi ikan patin siam adalah sebagai berikut:

  • Ordo : Ostariophysi

  • Sub-ordo : Siluroidea

  • Famili : Pangasidae

  • Genus : Pangasius

  • Spesies : Pangasius hypophthalmus

Ikan patin mempunyai bentuk tubuh memanjang, berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiruan. Ikan patin tidak memiliki sisik, kepala ikan patin relatif kecil dengan mulut terletak diujung kepala agak ke bawah.

Hal ini merupakan ciri khas golongan catfish. Panjang tubuhnya dapat mencapai 120 cm. Sudut mulutnya terdapat dua pasang kumis pendek yang berfungsi sebagai peraba.

Sirip punggung memiliki sebuah jari-jari keras yang berubah menjadi patil yang besar dan bergerigi di belakangnya, sedangkan jari-jari lunak pada sirip punggungnya terdapat 6 – 7 buah.

Pada permukaan punggung terdapat sirip lemak yang ukurannya sangat kecil dan sirip ekornya membentuk cagak dengan bentuk simetris. Sirip duburnya agak panjang dan mempunyai 30-33 jari-jari lunak, sirip perutnya terdapat 6 jari-jari lunak.

Sedangkan sirip dada terdapat sebuah jari-jari keras yang berubah menjadi senjata yang dikenal sebagai patil dan memiliki 12-13 jari-jari lunak.

Apa Fungsi Dua Pasang Sungut Pendek pada Mulut Ikan Patin

Ilustrasi Apa Fungsi Dua Pasang Sungut Pendek pada Mulut Ikan Patin. Sumber: Unsplash/Yosuke Ota
Ilustrasi Apa Fungsi Dua Pasang Sungut Pendek pada Mulut Ikan Patin. Sumber: Unsplash/Yosuke Ota

Apa fungsi dua pasang sungut pendek pada mulut ikan patin ? Sungut pendek pada mulut ikan patin berfungsi yaitu:

1. Pengendalian Makanan

Sungut pendek membantu ikan patin mencari makanan di dasar air atau di antara tanaman air. Sungut ini membantu mengidentifikasi dan menemukan mangsa seperti serangga kecil, larva, dan banyak organisme kecil lainnya yang merupakan bagian dari makanan mereka.

2. Sarana Sensorik

Sungut pada ikan patin memiliki banyak reseptor sensorik yang membantu mereka merasakan lingkungan sekitar. Ini termasuk reseptor yang mendeteksi pergerakan air, perubahan suhu, dan bahan kimia di dalam air.

3. Komunikasi

Sungut juga dapat digunakan untuk berkomunikasi antar ikan patin. Melalui gerakan sungut, ikan patin dapat memberi sinyal kepada ikan patin lainnya tentang lokasi makanan, keberadaan predator atau bahkan menunjukkan sinyal atau kesediaan untuk kawin.

Baca Juga: Fungsi serta Nama Organ Gerak Kambing, Ikan, Katak, Burung dan Ular

Demikianlah penjelasan mengenai apa fungsi dua pasang sungut pendek pada mulut ikan patin. Sungut pada ikan patin berperan penting dalam beradaptasi dengan lingkungan perairan, membantu mereka untuk berhasil bertahan hidup di lingkungannya. (glg)

https://kumparan.com/berita-terkini/mengenal-ikan-patin-dan-fungsi-dua-pasang-sungut-pendek-pada-mulut-ikan-patin-22JYqhHXeH2

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations