Mengenal Fungsi dari Spreadsheet dan Manfaatnya dalam Bisnis
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi jelaskan fungsi dari spreadsheet - Sumber: Unsplash/Marvin Meyer
Ilustrasi jelaskan fungsi dari spreadsheet - Sumber: Unsplash/Marvin Meyer

Spreadsheet adalah alat yang diluncurkan oleh Google untuk membantu user mengelola data dalam bentuk kelompok. Jelaskan fungsi dari Spreadsheet dan manfaatnya dalam bisnis.

Sepintas, spreadsheet hadir dengan tampilan hingga fitur yang mirip Excel. Penggunaan Spreadsheet tersedia secara daring dengan akun Google yang terdaftar. Dengan begitu user dapat menarik atau mengelola data dari manapun selagi terdapat koneksi internet.

Jelaskan Fungsi dari Spreadsheet!

Ilustrasi jelaskan fungsi dari spreadseheet - Sumber: Pixabay/StockSnap
Ilustrasi jelaskan fungsi dari spreadseheet - Sumber: Pixabay/StockSnap

Sebelum membahas mengenai fungsi Spreadsheet, sebaiknya ketahui dulu pengertiannya. Mengutip buku Rahasia Cepat Menguasai Laporan Keuangan Khusus dengan Akuntansi Dasar, Pujiyanti (2015), Spreadsheet merupakan suatu program aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka dalam susunan kolom dan baris.

Spreadsheet menjadi menarik karena ditampilkan seperti kertas dengan baris-baris dan kolom yang bisa dimasukkan data berupa angka-angka. Spreadsheet sangat bermanfaat di dunia kerja maupun pendidikan yang membutuhkan perhitungan statistik.

Apabila diminta untuk jelaskan fungsi dari Spreadsheet dalam dunia bisnis, berikut penjelasannya secara lengkap dan utuh.

Secara umum, Spreadsheet berfungsi sebagai pengolah angka yang membuat, menganalisis, mengurutkan, mengedit, dan meringkas data. Spreadsheet bisa digunakan untuk penghitungan aritmatika dan statistik, sehingga bisa membantu menyelesaikan berbagai permasalahan logika dan Matematika.

Tidak hanya itu saja, Spreadsheet juga bisa digunakan untuk membuat catatan keuangan, laporan keuangan, penganggaran, baik dalam bentuk grafik, tabel atau diagram.

Selanjutnya dalam bidang data, Spreadsheet bermanfaat untuk mengolah data dengan teknik statistik dasar, misalnya mencari mean, median, nilai maksimal dan minimal. Hasil yang didapatkan bisa ditampilkan ke dalam bentuk grafis atau diagram agar bisa dimengerti oleh banyak orang.

Baca juga: Cara Filter di Spreadsheet, Begini Langkah-langkahnya!

Demikianlah jawaban atas perintah jelaskan fungsi dari Spreadsheet. Program atau aplikasi yang satu ini sangat berguna untuk perorangan maupun bisnis, khususnya mereka yang berkecimpung dalam urusan data.

Dengan adanya Spreadsheet, kerja-kerja pun menjadi lebih terbantu dan tertata rapi, serta bisa diakses dari mana saja selama ada koneksi internet. (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/mengenal-fungsi-dari-spreadsheet-dan-manfaatnya-dalam-bisnis-227Z4uVRI4s

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations