Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Termostat
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Termostat adalah. Sumber: pexels/erik mclean
Ilustrasi Termostat adalah. Sumber: pexels/erik mclean

Peralatan tumah tangga seperti setrika listrik, oven, dispenser, rice cooker, magic com, dan lemari es dilengkapi dengan termostat. Fungsi termostat adalah menjaga suhu agar sesuai dengan kondisi yang diharapkan.

Meski ukurannya kecil, keberadaan benda ini sangat penting bagi alat-alat elektronik tersebut. Supaya lebih paham, tak ada salahnya mempelajari mengenai fungsi dan cara kerja termostat.

Fungsi dan Cara Kerja Termostat

Ilustrasi Termostat adalah. Sumber: pexels/ulrick trappschuh
Ilustrasi Termostat adalah. Sumber: pexels/ulrick trappschuh

Mengutip buku Seri Panduan Belajar Dan Evaluasi Fisika SMP/MTs Kelas VII, Yadi Nurhayadi, Dkk (2009), fungsi termostat adalah sebagai saklar otomatis alias memutus dan menyambung arus listrik secara otomatis. Misalnya, ketika setrika sudah cukup panas, termostrat akan memutus aliran listrik.

Aliran listrik akan tersambung kembali saat setrika mendingin. Hal ini dapat dilihat pada indikator lampu yang ada di setrika. Prinsip kerja termostat memanfaatkan pemuaian dari dua buah logam yang mempunyai koefisien muai panjang berbeda dan dilekatkan menjadi satu (bimetal).

Jika bimetal itu dipanaskan, salah satu logam akan mengembang lebih panjang daripada yang lain. Oleh sebab itu, bimetal akan melengkung dan memisah sehingga kontak terbuka dan arus listrik terputus. Ketika suhu menurun, bimetal mengencang kembali dan kontak akan bekerja kembali.

Ilustrasi Termostat adalah. Sumber: Mudah Menguasai Fisika SMP Kelas 2, Redaksi Kawan Pustaka (2006)
Ilustrasi Termostat adalah. Sumber: Mudah Menguasai Fisika SMP Kelas 2, Redaksi Kawan Pustaka (2006)

Ada berbagai desain termostat, tetapi jenis yang paling umum digunakan adalah bimetal. Pada gambar diatas ditunjukan diagram termostat bimetal yang digunakan untuk mengatur suhu tetap sebuah pemanas ruang listrik.

Sewaktu ruang cukup hangat, keping bimetal melengkung ke kanan (ke arah besi), memisahkan kontak dan memutuskan aliran listrik ke elemen pemanas. Sewaktu ruang dingin, keping bimetal lurus kembali, kontak terhubung dan aliran listrik terhubung ke elemen pemanas.

Jadi, termostat bimetal pemanas suhu ruang diatas berfungsi memadamkan atau menjalankan elemen pemanas ruang dengan tujuan mengatur suhu ruang agar tetap pada suhu tertentu yang nyaman atau sesuai keinginan.

Baca Juga: Fungsi Thermostat beserta Cara Kerja dan Jenisnya pada Mesin Mobil

Termostat adalah benda yang penting dan wajib ada pada alat-alat elektronik rumah tangga. Tanpa adanya termostat, alat-alat elektronik tidak akan bisa diatur batas tingkat kepanasannya.

(ARD)

https://kumparan.com/berita-terkini/mengenal-fungsi-dan-cara-kerja-termostat-2150EG8s8NO

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations