Mengenal 8 Bagian Mata dan Fungsi Masing-Masing
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi bagian mata yang berfungsi sebagai celah masuknya cahaya adalah. Sumber: pexels/engin akyurt
Ilustrasi bagian mata yang berfungsi sebagai celah masuknya cahaya adalah. Sumber: pexels/engin akyurt

Bagian mata yang berfungsi sebagai celah masuknya cahaya adalah pupil. Selain pupil, terdapat bagian mata lain yang memiliki fungsi masing-masing.

Mengutip buku Mengenal Mata dan Cara Merawatnya, Agus Maryoto (2020), mata merupakan indra penglihat yang peka terhadap rangsangan cahaya. Mata sangat membantu manusia dalam mengenali lingkungan sekitar.

8 Bagian Mata dan Fungsi Masing-Masing

Ilustrasi bagian mata yang berfungsi sebagai celah masuknya cahaya adalah. Sumber: pexels/ryan braxton
Ilustrasi bagian mata yang berfungsi sebagai celah masuknya cahaya adalah. Sumber: pexels/ryan braxton

Mata memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Organ mata terbagi menjadi beberapa bagian dengan peranannya masing-masing. Berikut ini nama bagian-bagin tersebut dan fungsinya.

1. Kornea

Kornea merupakan selaput transparan dan bening. Kornea adalah bagian terluar dari bola mata. Fungsi korena untuk menerima rangsangan cahaya dari luar dan meneruskan rangsangan cahaya tersebut ke bagian di bawahnya.

2. Iris

Iris merupakan bagian mata yang memiliki warna berbeda-beda yang disebabkan oleh adanya sel melanosit. Sel melanosit adalah sel pigmen pemberi warna pada rambut, kulit, dan iris mata. Sel ini terletak di depan atau di belakang iris.

3. Pupil

Pupil merupakan bagian mata yang berfungsi sebagai celah masuknya cahaya. Bentuknya berupa lubang kecil berwarna kehitaman. Banyaknya intensitas cahaya yang masuk ke dalam mata diatur oleh pupil.

Pupil akan membesar jika intensitas cahaya yang masuk redup atau sedikit. Jika intensitas cahaya yang masuk ke pupil makin tinggi, pupil akan makin mengecil.

4. Lensa Mata

Lensa mata adalah tempat terjadinya refraksi rangsangan cahaya dan memfokuskan rangsangan cahaya yang diteruskan ke retina. Lensa mata akan menebal dan menipis disebut daya akomodasi mata. Tebal tipisnya lensa mata dibantu oleh otot siliaris.

Lensa mata akan menipis dan rileks ketika melihat benda dalam jarak jauh. Lensa mata akan tegang dan menebal saat melihat benda dalam jarak dekat.

5. Retina

Disebut juga sebagai selaput jala. Retina berbentuk lapisan tipis yang terdapat di bola mata bagian belakang dan sensitif terhadap rangsangan cahaya.

Retina berfungsi sebagai layaknya layar penangkap bayangan. Retina akan mengubah bayangan yang diterima menjadi impuls listrik.

6. Saraf Optik

Saraf optik adalah saraf pada bagian mata yang berfungsi untuk menyalurkan impuls listrik retina ke otak. Bagian otak yang kemudian memproses dan menginterprestasikan impuls-impuls listrik dari saraf optik bernama Iobus oksipital.

7. Sklera

Sklera merupakan bagian bola mata yang berwarna putih. Bagian ini terbentuk atas jaringan ikat dan serat. Ditutupi oleh konjungtiva dan terdiri atas tiga lapisan yang bernama episklera, sklera, dan lamina fusca.

Sklera berfungsi untuk melindungi bagian-bagian penting pada bola mata seperti lensa dan kornea. Sklera juga berfungsi melindungi mata dari kerusakan dan bahan-bahan kimia.

8. Koroid

Koroid adalah lapisan yang menghubungkan antara retina dan sklera. Dalam koroid, terdapat banyak pembuluh darah.

Pembuluh darah ini berfungsi memberikan suplai oksigen dan nutrisi kepada mata. Koroid juga berfungsi menyerap cahaya untuk mengurangi pantulan cahaya di retina.

Baca Juga: Memahami Kegunaan dan Fungsi Pupil dalam Pengelihatan Manusia

Bagian mata yang berfungsi sebagai celah masuknya cahaya adalah pupil. Selain pupil, terdapat 7 bagian mata lainnya dengan fungsi masing-masing. Mengingat pentingnya mata dalam hidup manusia, yuk jaga terus kesehatan mata!

(ARD)

https://kumparan.com/berita-terkini/mengenal-8-bagian-mata-dan-fungsi-masing-masing-20wb45gm69w

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations